Petugas Kebersihan DLH Bangli, Cek Kesehatan Gratis

143
foto- Petugas Kebersihan Cek Kesehatan

Bangli,mediapelangi.com–Untukmengetahui kondisi kesehatan petugas kebersihan yang selama setahun ini bergelut dengan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli melakukan pengecekan kesehatan terhadap puluhan petugas kebersihan secara gratis bekerjasama dengan satu klinik di Bangli yang dilaksanakan di halaman Kantor DLH.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangli Ida Ayu Gede Yudi Sutha di sela-sela kegiatan, Jumat (29/12/2017)mengungkapkan pihaknya memberikan pelayanan kesehatan berupa pegecekan dan pengobatan secara gratis yang diberikan kepada petugas kebersihan salah satunya petugas angkut sampah, mengingat selama ini mereka bergelut dengan sampah. Sehingga mereka sangat rentan terkenan berbagai penyakit. Maka dari itu, pihaknya mempunyai ide untuk melaksanakan kegiatan pengecekan, pengobatan secara gratis kepada petugas kebersihan yang setiap hari bersentuhan dengan sampah.

Dalam beberapa bulan terakhir petugas kebersihan sangat berjibaku bekerja di lapangan untuk penanganan sampah untuk kebersihan Bangli. Karena dalam keadaan panas maupun hujan mereka tetap berkecimpung dengan sampah. Jadi mereka memang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan seperti ini. Jadi kita berharap dengan pengecekan, pengobatan yang kita berikan ini, bisa bermanfaat untuk mereka. Sehingga kesehatan tubuh mereka bisa tetap terjaga,” ungkap Yudi Sutha.

Dalam pemberian pelayanan kesehatan ini, Kata Yudi Sutha pihaknya baru memberikan kepada petugas kebersiahan saja yang jumlahnya sekitar 50 orang. Kata dia, ini merupakan kegiatan pertama memberikan pelayanan kesehatan ini. Dan kedepannya, kegiatan seperti ini akan dilakukan secara rutin untuk. Sehingga kesehatan seluruh petugas kebersihan yang dimiliki tetap terjaga.Untuk kedepannya akan melaksanakan cek kesehatan petugas kebersihan secara rutin”Kami selalu terbuka bagi sukarelawan yang mau bekerjasama dengan DLH Bangli melakukan safari kesehatan yang disasar pertugas pengangkut sampah kami sangat harapkan”ucapnya.

Lebih lanjut  Yudi Sutha menetaskan, keberasilan meraih trofi adipura juga tidak bisa dilepaskan dari kerja keras mereka di lapangan, mereka diang malam bekerja dilapangan untuk memberihkan Bangli Bahkan ketika banjir di Kota Bangli mereka sangat bersemangat membersihkan sampah yang berserakan di jalan, sampai kembali bersih.“Mereka sangat berpengaruh dalam apa yang kita raih di tahun ini. Salah satunya kembali bisa meraih trofi adipura. Tanpa dari semangat mereka, kita tidak mungkin bisa meraih prestasi tersebut. Karena kita tidak bisa bekerja sendirian,” tegas Yudi Sutha.

Sementara itu pemilik Klinik Damar Nusantara Ni Made Wirathi  saat memantau petugas medis melakukan pengecekan kesehatan petugas kebersihan, mengungkapkan sebelumnya dilaksanakan sosialisasi terkait pengaruh yang ditimbulkan  sampah yang tiap hari hal inilah yang mereka memang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan seperi ini, mengingat mereka merupakan pahlawan kebersihan di Bangli.Disinggung tenaga yang disiapkan,Wirati menyampaikan karena dipokuskan sementara kepada petugas pemungut sampah saja sekitar 50 orang, maka kami bawa tenaga medis 14 orang ditambah 1 orang dokter umum” ungkapnya.

Hal inilah disebut pahlawan kebersihan dimana tanpa mengenal hujan dan panas. “Jadi mereka yang memang bersentuhan langsung dengan sampah, kesehatannya memang harus dirawat. Agar kondisi fisik mereka tetap bugar,”ucapnya.(*mp-eka-nt).