Polisi Tangkap DPO Kasus Pajak Rp 14 Miliar di Buleleng

75
Penangkapan DPO Michael Tirta atas kasus perpajakan di Kabupaten Buleleng, Jumat (4/9/2020). ANTARA/HO-Humas Polda Bali. (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2020)

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Tim IT Resmob Ditreskrimum Polda Bali menangkap seorang DPO kasus perpajakan bernama Ignatius Michael alias Michael Tirta, yang merugikan negara sebesar Rp14 miliar, di Desa Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

“Yang bersangkutan ditangkap Tim Resmob Polda Bali pada Jumat (4/9/2020) di TKP PT Trimitra Anugrah Segara Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Kemudian yang bersangkutan dibawa ke Kantor Kanwil Denpasar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Direskrimum Polda Bali Kombes Pol Dodi Rahmawan saat dikonfirmasi di Denpasar, Sabtu malam.

Ia menjelaskan bahwa Michael Tirta diduga kuat telah melakukan tindak pidana di bidang perpajakan sebagaimana dimaksud dalam pasal 39 ayat (1) huruf i Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009.

Baca Juga:  Mayat Laki-laki Tanpa Identitas Bertato Ditemukan di Pantai Pelisan

Michael merupakan DPO Mabes Polri, dengan nomor DPO/01/VIII/2020/Bareskrim tanggal 14 Agustus 2020.

Dodi menjelaskan seorang bernama Ricky Dwicahyono yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka ini dihubungi oleh Andri Widiastuti karyawan PT Mangga Dua. Dengan maksud untuk dapat membantu menyediakan faktur pajak untuk PT Mangga Dua.

“Lalu Ricky Dwicahyono menghubungi Michael Tirta (DPO) dan Michael ini menyatakan bahwa dia sanggup menyediakan faktur pajak dengan tarif sekitar 23 persen sampai 25 persen dari jumlah PPN yang tercantum dalam masing-masing faktur pajak. Untuk pembelian minyak kelapa dari Eng Ho tidak disertai faktur pajak sejak SPT Masa PPN tahun 2009, 2010, dan 2011. Namun itu malah dibuat oleh Michael Tirta,” jelasnya.

Baca Juga:  Kecelakaan Tunggal di Tol Cipali Satu Orang Tewas

Berdasarkan hasil penyelidikan, jumlah kerugian negara akibat kejadian ini mencapai Rp14 miliar.

Awalnya, Tim Resmob Polda Bali telah mengumpulkan baket dan profiling target DPO Michael Tirta ini. Kemudian mendapatkan informasi kalau aktivitasnya berada di sekitar Perumahan Gatsu Permai Blok 16 Denpasar, Bali.

Selanjutnya, pada 3 September 2020 telah dilakukan penyelidikan, namun pukul 16.43 Wita, Michael Tirta diketahui bergeser ke arah Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Pada Jumat (4/9) pukul 01.30 Wita Michael Tirta ditangkap di PT Trimitra Anugrah Segara miliknya.(ant)

    1 KOMENTAR

    1. Ayoooooo !!!
      Yang jauh mendekat, Yang dekat merapat guyss
      Bingung memilih situs Judi Online Terbaik & Terlengkap
      Gabung aja guys besama kami di https://QQHarian88.com/
      Banyak promo menarik untuk anda semua
      Tunggu apa lagi buruan bermain dan menangkan hadiahnya
      Menjadi milyader bukan lagi sebuah mimpi guysss !!!!!!!

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here