Polres Tabanan Imbau Warga Waspadai Aksi Kejahatan di Tengah Wabah Corona

330
Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S Siregar.

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Polres Tabanan mengklaim tak ada peningkatan secara signifikan tindakan kriminalitas di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Meski tak terdapat tindak pidana yang menonjol namun menurut Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S Siregar, kriminalitas yang terjadi masih dalam batas wajar. Namun warga dihimbau tetap waspada dengan tindak kriminal ditengah wabah corona.

“Sejauh ini kalau dari data yang kami tangani sepertinya tak ada peningkatan artinya masih bisa kami tangani,”ucapnya saat dikonfirmasi, Jumat (24/4/2020).

Menurut Kapolres masyarakat sudah mulai memahami dan sadar jam malam mereka sudah kembali ke rumah masing-masing dan pada saat jam aktivitas di siang hari pun masyarakat sudah sadar juga untuk tidak berkeliaran atau pun keluar dengan menggunakan perhiasan berlebihan sehingga tidak memancing untuk pelaku kejahatan,”katanya.

Baca Juga:  Mulai 28 Mei, Penumpang Pesawat ke Bali Wajib Hasil Tes Swab Negatif

“Itu semua tidak terlepas dari kerjasama dan tingkat kesadaran masyarakat Kabupaten Tabanan yang sudah mulai sadar terhadap keamanan diri masing-masing,”ujar Kapolres.

Ditambahkanya pihaknya menyarakan untuk pengamanan swakarsa yang ada di Banjar ataupun di Desa serta siskamling diaktifkan kembali. “Mari kita sama-sama melaksanakan siskamling kembali ada orang yang baru ada orang yang tegur mau ke mana dan dari mana sehingga jangan kita biasakan ada hal-hal yang baru mencurigakan kita biarkan berlalu begitu saja nanti bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa ada yang mencurigakan silakan dilaporkan,”tambahnya.

Selain itu beberapa kasus kejahatan adanya pencurian pratima di Pura Pucak Sangkur, saat ini sedang dilakukan penyelidikan. Lokasi pura yang jauh dari jalan besar masih masuk ke hutan-hutan lagi ya itupun juga barangnya barang memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga:  Bupati Eka Serahkan Bantuan APD untuk Babinsa

“Kita menunggu dia  menjual kemana sambil kita mencari juga lokasi sekitar karena itu tidak akan jauh dari orang sekitar bukan yang di pinggir jalan langsung dan aksi pencurian ini butuh jalan sangat jauh dari situ ada kejanggalan,”katanya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada. Dan tetap mematuhi himbauan dari pemerintah.

Selain meminta kesadaran warga untuk tetap berada di rumah pada masa pandemi Covid-19 ini, Kapolres juga memastikan kejahatan atau kriminalitas terus menjadi fokus penanganan.

“Kan ada yang Patroli gabungan dengan skala besar di luar itu sinergitas dengan pecalang adat dibantu warga masyarakat melakukan pemantauan di wilayah desa adat masing –masing,” tutupnya. (mp/ka)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here