Porsenides Tangguntiti, Bangkitkan Potensi Seni dan Olah Raga Desa

234
Pembukaan Porseni Desa Tangguntiti

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pekan Olahraga dan Seni Desa (Porsenides) merupakan salah satu wadah meningkatkan serta mempererat persatuan dan kesatuan di antara warga desa. Di samping itu juga sebagai ajang untuk meningkatkan prestasi bagi atlet dan seniman. Hal itu disampaikan Perbekel Desa Tangguntiti I Gede Astra Wijaya, usai jalan santai di Lapangan Desa Tangguntiti, Selemadeg Timur, Tabanan. Minggu (5/8/2018).

Kegiatan Porsenides Desa Tanguntiti 2018 ini, merupakan ajang yang sangat baik untuk mengembangkan potensi olahraga dan bidang seni yang ada, bahkan bisa menghasilkan atlet-atlet dan seniman andal yang nantinya bisa mewakili Kabupaten Tabanan pada ajang yang lebih tinggi.

Dengan di selenggarakanya Porsenides ini harus mampu melahirkan bibit-bibit atlet dan seniman yang andal untuk mewakili Kabupaten Tabanan pada ajang di tingkat Provinsi bahkan Nasional. Kegiatan ini sebagai ajang dalam menggali potensi olahraga dan seni budaya yang ada di Desa Tangguntiti,” ungkapnya.

Perbekel Desa Tangguntiti I Gede Astra Wijaya (tengah)

Desa Tangguntiti yang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi dalam bidang seni dan olah raga. Salah satu di buktikan dengan adanya fasilitas untuk olah raga berupa lapangan dan perangkat gambelan yang ada di setiap banjar.

Dengan Porsenides ini, diharapakan dapat meningkatkan di bidang seni dan olah raga. Dapat menanamkan rasa kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan antar warga. Dan sekaligus ajang ini di jadikan berbagi ilmu dalam kompetensi yang sehat.

Dengan melibatkan seluruh warga desa dan warga pendamping ini yang pelaksanaanya porsenides akan berakhir pada Senin (13/8/2018). Adapun kegiatan yang akan di laksanakan diantara dalam bidang olah raga jalan santai, catur, tenis meja, bola voli, senam aerobic, tarik tambang dan senam poco- poco. Sedangan dalam bidang seni parade busana pura berpasangan,  pareda gong kebyar, tari rejang renteng, membuat klakat, canang sari, lomba mewarnai, ketipat, membuat pejati, cane, tamiang,”jelasnya.

“Yang terpenting, pelaksanaan Porseni Desa merupakan momentum bagi masyarakat untuk menunjukkan potensi yang dimiliki baik potensi pribadi maupun kelompok, dalam bidang olahraga dan seni,” ujar Astra Wijaya.

Ia menjelaskan, selain bermanfaat untuk memberi ruang masyarakat desa untuk mengeksplorasi potensi dirinya. Porsenides memberi kesempatan warga desa untuk menunjukkan kemampuannya dalam berprestasi secara sehat dan sportif.

Camat Selemadeg Timur, I Gusti Putu Ngurah Darma Utama Kapolsek Selemadeg Timur I Putu Oka Suyasa dan Anggota DPRD Tabanan Fraksi PDI P I Wayan Edy Nugraha Giri Ikut Senam Poco – Poco di Lapangan Desa Tangguntiti

Camat Selemadeg Timur I Gusti Putu Ngurah Darma Utama mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Untuk menyukseskan legiatan ini harus dilaksanakan dengan niat yang tulus ikhlas. “Manfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya bisa melahirkan atlet maupun seniman yang berbakat,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya juga meminta agar koordinasi tokoh masyarakat dengan Sekaa Truna bisa terjalin dengan baik.  Dan di desa sudah mengadopsi kegiatan Tabanan fiesta. Dan  kegiatan yang di laksanakan di Desa Tangguntiti ini sangat luar biasa dan harapan bisa memberikan inspirasi  semua desa yang ada di Kecamatan Selemadeg Timur,”kata Camat Darma Utama.(ka)