Pratima di Pura Dalem Penebel Kelod Raib

225
foto - ist - Petugas melakukan Olah TKP di Pura Dalem Penebel Kelod

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pura Dalem Adat Penebel Kelod, Penebel, Tabanan, di obok –obok maling. Akibat kejadian ini satu buah keris lekuk 7, Sembilan buah pengawin, satu pasang arca berbahan kayu cendana, satu buah cincin emas dan satu buah cucuk emas.

Kejadian kehilangan ini diketahui pada Minggu (29/4/2018) sekitar pukul 06.00 Wita. Saat itu I Gst Ketut Suarjana (66) pergi ke sawah dengang berjalan kaki di jalan melintas  sebelah barat Pura Dalem Adat Penebel Kelod, saat lewat di lihat pintu besi halaman belakang Pura Dalem tersebut terbuka, karen merasa curiga kemudian Gusti Suarjana melihat lebih dekat ternyata pintu Bale Gedong sudah dalam keadaan terbuka dan berantakan,melihat hal tersebut kemudian di sampaikan kepada Jero Mangku pura Dalem danb ke Kelian adat penebel kelod selanjutnya kasus kehilangan ini di laporkan ke Polsek Penebel.

Kapolsek Penebel AKP Ketut Mastra Budaya saat di konfirmasi membenarkan, kejadian kehilangan pratima, dari hasil olah TKP dan meminta keterangan beberapa saksi modus operandi pelaku diperkirakan masuk melalui halaman belakang pura kemudian mengambil barang barang di dalam Bale Gedong dgn cara merusak kunci pintu Bale Gedong,”kata Mastra.

Hilangnya pratima masih proses penyelidikan, mudah-mudahan cepat terungkap. Mastra mengimbau agar warga berhati-hati. Perangkat keamanan, pecalang, dan masyarakat harus bersama-sama menjaga keamanan desa dan tempat ibadah seperti pura. Dengan  memasang kunci yang tidak mudah dijebol di tempat pratima agar kejadian serupa tidak terjadi kembali,” kata dia. (ka).