Presentasikan Trans Serasi, Bupati Eka Yakinkan Tim Juri

152
foto - ist- Dihadapan para dewan juri, Bupati Eka mempresentasikan Trans serasi. Kamis (19/7/2018)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Trans Serasi Kabupaten Tabanan dinyatakan  masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik  Tahun 2018 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Selanjutnya untuk masuk TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018, Trans serasi yang dikembangkan  Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan  kembali diuji. Pengujian itu berupa presentasi dan wawancara yang dilakukan Bupati Eka Wiryastuti di Kantor Kemenpan RB (Kamis,19/07/2018).

Dihadapan para dewan juri, Bupati Eka mempresentasikan Trans serasi dengan bahasa yang lugas, dan jelas. Sehingga kelihatan, kalau dirinya benar-benar memahami secara utuh program inovasi Trans Serasi. Turut hadir di acara  tersebut  asisten III Setda Kabupaten Tabanan  I Made Sukada, Kadis Perhubungan Kabupaten Tabanan I Made Agus Harta Wiguna, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tabanan I Putu Dian Setiawan.

Pada kesempatan itu Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti  mengatakan trans serasi adalah sistem angkutan umum sebagai bentuk pelayanan Pemerintah kepada masyarakat dalam menyediakan layanan angkutan umum sebagai hak asasi manusia sehingga memiliki pilihan moda transportasi selain kendaraan pribadi.

“ Trans serasi merupakan konsep baru angkutan siswa (tabanan concept) yang menggunakan angkutan kota dan angkutan pedesaan sebagai “backbornnya”.Dalam trans serasi, angkutan kota dan pedesaan dibeli layanannya melalui mekanisme buy the  service dimana trayeknya berdevinasi dari trayek angkutan kota /pedesaan menjadi trayek angkutan siswa pada jam berangkat dan pulang sekolah,”ucapnya.

Bupati eka juga mengatakan di  2014  angkutan siswa  hanya dilayani oleh 57 armada. Hingga tahun 2018  sudah ada 80 angkot,3 bus sedang, 63 bus kecil, dan berpotensi bertambah menjadi 103 bus kecil mulai oktober 2018. Sedangkan jumlah siswa yang terangkut di tahun 2014 rata-rata terangkut 2.343 orang siswa perhari. Di Tahun 2018 berjalan sudah mencapai 18.923 orang atau  diperkirakan mencapai 4.333.450 orang di tahun 2018.

“ Jumlah armada tiap tahun kita  tingkatkan. Hingga di tahun 2018 ini sudah ada 80 armada. Dan jumlah siswa yang terlayani juga sangat meningkat. Ini menunjukan program trans serasi mendapat respon positif dari masyarakat, khususnya orang tua siswa. Inilah program keberpihakan pada rakyat,”ucapnya.

Bupati Eka menambahkan bahwa trans serasi telah memberikan dampak positif kepada masyarakat, mulai  dari menurunkan atau menekan angka kecelakaan khususnya yang melibatkan siswa sekolah SMP, pemanfaatan angkutan kota dan pedesaan dapat menghemat nilai investasi untuk membeli kendaraan baru.Serta berdampak juga  terhadap kesejahterakan awak angkutan yang sudah ada, sekaligus memperbaiki kualitas layanan angkutn umum. dan terakhir menekan polusi, penghematan bahan bakar, dan mengurangi sudsidi BBM.

“ Sudah menjadi kewajiban kami, selaku Pemerintah untuk menyediakan layanan angkutan umum yang aman, nyaman,murah,cepat,andal dan tepat waktu dapat tercapai,”tutup Bupati Eka. Diketahui kehadiran pucuk pimpinan kementerian,lembaga, provinsi,kabupaten /kota  dan BUMN dalam presentasi merupakan nilai lebih. Karena hal itu menunjukan komitmen pimpinan tertinggi serta pemahaman terhadap inovasi  di instansi yang dipimpinnya.@humastabanan