Pujawali Ring Pura Khayangan Jagat Luhur Batu Panes Penebel, Nyineb 30 September 2017

66

Tabanan (Mediapelangi.com)-Pengempon Pura Khayangan Jagat Luhur Batu Panes Jajar Kemiri Luhur Batukau, Buda Kliwon Gumreg (Rabu, 27/9/2017) melaksanakan Puncak Karya Puja Wali di Pura tersebut yang terletak di wilayah Desa Pakraman Belulang, Desa Dinas Mengesta, Kec. Penebel, Kab. Tabanan Bali.

Manggala Karya I Nyoman Arnawa, S.Sos mengatakan, Puja Wali Ida Bhatara akan nyejer selama tiga hari hingga Saniscara Pon Gumreg tanggal 30 September 2017 dan pada hari yang sama, malam, langsung munggah mesineb pada Pk. 24.00 Wita, terangnya.

Pada pelaksaaan Pucak Karya kemarin (27/9) melakukan persembahyangan bersama sekaligus mendoakan agar situasi erupsi Gunung Agung di Karangasem tetap memberikan anugrah  serta keselamatan bagi masyarakat yang berada Kab. Karangasem dan sekitarnya termasuk masyarakat Bali pada umumnya.

Sebelum melakukan persembahyangan bersama,  Manggala Karya terlebih dahulu melakukan ramah tamah dengan sejumlah pemedek. Nampak hadir mendak tangkil sejumlah pejabat dari lingkungan pemkab Tabanan, anggota DPD RI Oka Ratmadi, Pemangku dan tokoh masyarakat yang berasal dari desa pengempon Pura Batu Panes.

Pura Luhur Batu Panes dikenal luas oleh masyarakat Tabanan disamping sebagai Pura Khayangan Jagat yang terletak ditengah-tengah persawahan yang asri, tidak jauh dari  pura ini juga terdapat permandian air panas yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit (*/mp).