Puluhan Warga Mendoyo Keracunan Nasi Bungkus, Satu Orang Meninggal

578
KERACUNAN NASI BUNGKUS : Gusti Ayu Komang Biantari korban diduga Keracunan Makanan saat mendapat Perawatan tim Medis

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Satu orang warga Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kabupaten Jembrana meninggal dunia dan puluhan orang lainya mengalami keracunan diduga usai menyantap nasi bungkus.

Korban mengalami mual, pusing dan muntah-muntah serta diare usai mengkonsumsi makanan tersebut di acara Pekan Olah Raga Kecamatan (Porcam).

Salah satunya Ni Putu Suardaniasih (34) asal Banjar Ngoneng, harus meregang nyawa. Setelah mengikuti lomba futsal Rabu lalu, korban mengeluh sakit perut dan muntah-muntah. Kondisi korban terus memburuk hingga akhirnya meninggal dunia,”kata Ketut Ayu Aritini adik korban,”Jumat (19/7/2019).

Ia diketahui meninggal dunia Kamis (18/7/2019) setelah mengikuti Porcam bersama 60 orang warga lainnya. Diduga ia meninggal dunia akibat keracunan makanan berupa nasi bungkus yang didapatkannya saat mengikuti Porcam di Lapangan Pergung.

Tidak hanya korban, gejala yang sama bahkan di rasakan puluhan warga lainnya. Sejak hari Rabu lalu banyak warga yang mengeluh sakit perut/mual/pusing bahkan muntah-muntah.

Namun sejak hari Rabu lalu banyak korban yang hanya dirawat di rumah. Namun lantaran kondisi memburuk Jumat siang para korban ini akhirnya mendatangi Puskesmas dan Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta yang ada di kabupaten Jembrana.

Tercatat di Puskesmas Kecamatan Mendoyo Jumat siang dari puluhan warga yang datang dengan gejala yang sama 9 orang harus dirawat inap. Sedangkan di rumah Sakit Umum Negara dari 5 orang yang datang, satu orang dirawat inap.

Salah satu warga yang diduga mengalami keracunan mengaku mulai merasakan gejala mual, sakit perut dan pusing usai menyantap nasi bungkus yang diberikan saat Pekan Olah Raga Kecamatan (Porcam).

Sementara itu menurut Humas RSUD Negara Ni Putu Asrika Wedayanti mengatakan, hingga Jumat petang dari puluhan korban yang diduga keracunan nasi bungkus saat pelaksanaan porcam mendoyo ini/10 orang masih dirawat intensive di Rumah Sakit dan Puskesmas Kecamatan Mendoyo.

Sementara itu dari informasi yang didapat, kini pihak kepolisian dari Polsek Mendoyo masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti meninggalnya korban termasuk penyebab gejala keracunan yang dialami puluhan warga ini. (ka-ak)