PVMBG Rendang,Datangkan Alat Multi GAS (Multiple Gas Analyzer System) Alat Pendeteksi Gas Vulkanik Gunung Agung

42

Karangasem,mediapelangi.com-Untuk mengukur konsentrasi tekanan gas Gunung Agung,PVMBG,Rendang,Karangasem mendatangkan alat pengukur gas dari Bandung.

Walaupun belum dapat difungsikan langsung mendekati Gunung Agung,kedepayan peralatan ini akan digunakan untuk mengukur rasio gas dalam perut Bumi. Alat itu bernama Multi GAS (Multiple Gas Analyzer System), difungsikan untuk mengukur gas di udara sekitar lokasi Gunung Agung.

Kondisi ini akibat status awas yang tidak merekomendasi untuk mendekati kawah gunung agung  yang dikawatirkan akan berdampak negatif.

Namun demikian petugas di PVMBG, hanya mencoba peralatan dari pos pantau, yang di deteksi oleh alat ini hanya berupa konsentrasi gas yang bisa diolah menjadi rasio,”kata Petugas Oprasional Alat Ugan Saing,Senin sore (09/10).

Dia menjelaskan yang dideteksi oleh alat ini hanya konsentrasi yang bisa diolah menjadi rasio, dan ini sudah memberikan hasil berupa rasio, ini hanya monitoring dan untuk rekomendasi harus digabung dengan metode lain dan ini hanya untuk konsentrasi gas saja,”ungkapnya.

Tergantung situasi dan kondisi menurut rencana,dalam waktu dekat juga akan  membawa peralatan ini lebih dekat ke areal Gunung Agung,untuk mengukur tekanan gas gunung agung sekaligus untuk memonitoring dan mengetahui rasio tekanan gas dalam perut Bumi,”jelasnya.*(mp-eka-ad).