Rai Mantra, Soal Tolak Reklamasi Itu Prinsip, Bukan Untuk Cari Dukungan Politik

40
foto - ist - Simakrama Cagub dan Cawagub Mantra - Kerta

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Calon Gubernur Bali nomor urut 2 Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan urusan tolak reklamasi itu adalah soal prinsip. Bukan semata-mata urusan menarik simpati warga untuk mendulang suara saat pilgub. Hal ini dikatakan Rai Mantra di hadapan ribuan warga Mertasari, Sanur, Denpasar pada Rabu (2/5) malam.

“Jadi di sini perlu ditegaskan urusan tolak reklamasi itu bukan soal politik untuk menarik dukungan, tapi ini soal prinsip yang tidak bisa ditawar-tawar,” kata Rai Mantra. Hal ini disampaikan Rai Mantra untuk menjawab pertanyaan warga yang sempat terlontar dalam kampanye dialogis tersebut. Walikota Denpasar 2 periode ini menegaskan sebagai Walikota Denpasar bersama DPRD Denpasar telah menyampaikan penolakan atas rencana reklamasi teluk Benoa.

Pasalnya reklamasi tidak sejalan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Denpasar. “Sejak 2013 komitmen tolak reklamasi sudah disampaikan melalui surat resmi dari pemerintah Kota Denpasar,” ujar Rai Mantra. Selain tidak sesuai RTRW menurutnya sejumlah kajian jelas-jelas menyebutkan reklamasi tidak layak dijalankan.

“Kajian Unud dan rekomendasi jelas-jelas menyebutkan itu tidak bisa dilaksanakan,” ujarnya. Selain kajian lingkungan, kondisi Bali Selatan sudah cukup crodit. Jumlah penduduk rata-rata 7.000 jiwa tiap meter persegi. Jika pembangunan terus difokuskan di Bali Selatan maka akan menambah parahnya kondisi tersebut.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, saatnya orang Bali menunjukkan prinsipnya. “Karena urusan tolak reklamasi ini soal prinsip maka saatnya kita sebagai orang Bali yang berprinsip juga menolak reklamasi,” kata Rai Mantra.(nwm)