Raker Komisi IV dengan KONI Tabanan Matangkan Persiapan Porprov 2019

83
Rapat Kerja Komisi IV DPRD Tabanan bersama Koni

TABANAN,MEDIAPELANGI.com – Berbagai persiapan telah dilakukan KONI Tabanan bersama panitia induk persiapan pelaksanaan, untuk menghadapi pekan olahraga provinsi (Porprov) Bali XIV tahun 2019 mendatang. Dan untuk lebih memantapkan kesiapan sebagai tuan rumah, sekaligus anggarannya, Komisi IV melakukan rapat kerja (Rakaer) dengan KONI Tabanan, Dinas Pendidikan serta Bapelitbang, di DPRD Tabanan Kamis (23/8/2018).

Ketua KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan menjelaskan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk penyelenggaraannya. Terkait venue dikatakan, akan dilangsungkan di seluruh kecamatan kecuali Selemadeg Barat.

Selain itu , juga sedang dibangun GOR berstandar nasional tipe B di komplek stadion Debes. Sementara venue lain akan disebar di seluruh Kecamatan. “Dengan konsep sport tourism and culture, kami akan mencoba melibatkan masyarakat secara langsung dalam berbagai event olahraga di Porprov,” katanya.

Pihaknya juga sudah melakukan pendataan venue yang akan dipergunakan. Selain itu juga melakukan bintek untuk Cabor agar siap menyelenggarakan pertandingan. Begitupun dengan atlet sudha dipersipakan di Cabor masing-masing. Diakui, untuk venue perlu banyak pembenahan seperti soal toilet. Begitu juga dengan penyediaan venue untuk panjat tebing serrta menembak yang sedang diupayakan.

“Kami akan menyelenggarakan Porprov secara sederhana tanpa menghilangkan esensi Porprov sebagai kegiatan olahraga,” tegasnya.

Sementara terkait target, pihaknya berharap bisa meraih medali emas sekitar 20 agar mampu meningkatkan prestasi dan peringkat dari Porprov sebelumnya. “Kita memiliki beberap cabor unggulan yang kita yakini akan mampu mendulang medali emas,” terang Ary Wirawan.

Sedangkan, Ketua komisi IV DPRD Tabanan I Made Dirga menyebutkan, rapat tersebut untuk mengetahui perkembangan persiapan Porprov tahun 2019. Termasuk kesiapan penyelenggaraan terkait, venue, anggaran maupun kesiapan atlet Tabanan untuk mengikuti Porprov.

“Kami mohon penjelasan dari KONI , Disdik dan Bapelitbang sejauh mana persiapan yang telah dilakukan. Kami berharap Porprov ini Tabanan sukses penyeleggaraan dan sukses prestasi,” kata Dirga.

Dikatakan, pihaknya juga ingin mengetahui anggaran yang diperlukan baik untuk penyelenggaraan Porprov, kesiapan untuk venue maupun kesiapan atlet. Diakui, pihaknya akan turun untuk mengecek venue-venue yang akan digunakan dalam 38 Cabor yang akan dipertandingkan.

“Kami juga ingin tahu terkait perencanaa anggaran, karena anggaran yang digunakan sangat besar,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, bendahara KONI I Nyoman Budiarta menyebutkan anggaran untuk kegiatan Porprov baik untuk penyelengrakaan maupun kesiapan Tabanan selaku peserta dibutuhkan anggaran sekitar Rp 30 Miliar. Dari jumlah tersebut bantuan dari KONI Bali sebesar Rp 6 Miliar untuk penyelenggaraan sehingga Pemkab harus menyiapkan anggaran sekitar Rp 24 Miliar.(ka)