Ratusan Warga Desa Berambang Alami Krisis Air Bersih

153
Seorang warga Desa Berambang tengah mengambil air dari sumber air di Pura Tangi Mayeh menyusul krisis air bersih di wilayah tersebut akibat musim kemarau dan sumber air dari hutan kering.

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com –,Ratusan warga di Desa Berambang, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana Bali mengalami krisis air bersih sejak empat bulan lalu.

Mereka sulit mendapatkan air bersih karena  air saluran pipa dari hutan setempat yang selama ini dimanfaatkan untuk kebutuhan air minum serta mandi, cuci, kering akibat kemarau panjang yang melanda daerah tersebut.

Sejak empat bulan lalu, warga desa itu mengandalkan sumber air bersih dari luar Pura Tangi Meyeh, Desa setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk memasak dan minum selama musim kemarau.

Ditempat ini ada dua sumber mata air yang dimanfaatkan warga. Tiap hari ratusan warga dari tiga Banjar di Desa Berambang rela antre untuk mengambil air dengan menggunakan jerigen atau galon untuk dibawa pulang.

Baca Juga:  Dibakar Cemburu, Rudianto Tikam Istri Sirinya Hingga Tewas

Selain untuk keperluan memasak dan air minum, sungai kecil yang berada di depan pura ini juga dimanfaatkan warga untuk mandi dan mencuci.

Salah seorang warga Berambang Ketut Suastika mengungkapkan, saluran pipa air bersih dari hutan tidak ada air. Sudah ada empat bulan. Untuk minum dan masak memanfaatkan sumber air dari Pura Tangi Mayeh ini, tapi untuk mandi di sungai,”ungkapnya

Warga Desa Berambang lainya Made Kartono menjelaskan, krisis air bersih setiap tahun sudah pasti seperti ini,apalagi keadaan hutannya seperti itu jelas sumber mata air tidak ada. Ini kalau bisa dibantu di buatkan bak air untuk menaikkan air ke atas, mungkin masih bisa krisis air di tangulangi. Pemerintah daerah dan pemerintah desa mestinya cepat tanggap dalam mengantisifasi krisis air,”terangnya.

Baca Juga:  Pelantikan Pengurus LASQI Tabanan Dimeriahkan Festival Bintang Vokalis Gambus

Warga mengaku krisis air bersih di desa berambang ini hampir terjadi tiap tahun dan terus bertambah parah.

Warga menduga aksi illegal logging yang terjadi di hutan Desa Berambang menjadi penyebab menurunnya sumber mata air di pegunungan yang selama ini dimanfaatkan warga.

Warga sangat berharap ada tindakan tegas dari pemerintah untuk menyelamatkan kondisi hutan di Desa Berambang agar krisis air bersih akibat aksi illegal logging tidak terus terulang tiap tahunnya. (mp/ka-ak).