Rekrutmen Panwas Desa, Bawaslu Tabanan Gelar Rapat Persiapan Bersama Panwascam

735
Rekrutmen Panwas Desa,Bawaslu Tabanan Gelar Rapat Persiapan Bersama Panwascam. (Ist)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pelaksanaan Pilkada Tabanan 2020 untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Tabanan tinggal menunggu hitungan bulan, berbagai persiapan penyelenggaraan event rakyat lima tahunan pun terus dilakukan oleh para penyelenggara pemilu.

Tak ketinggalan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tabanan pun terus menyempurnakan struktur dan penyelenggaraan teknis sebelum pilkada digelar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan I Made Rumada mengatakan, meminta jajaran Pengawas Pemilihan Kecamatan untuk mulai melakukan sosialisasi turun ke desa-desa dan berkoordinasi dengan Perbekel diwilayah kerjanya masing-masing.

Rekrutmen calon Panitia Pengawas Desa yang nantinya akan menjadi garda terdepan pengawas pilkada di masing-masing Desa/ kelurahan,”kata Rumada saat rapat dengan staf divisi sumber daya manusia bersama Panwascam se- kabupaten Tabanan, di ruang rapat Kantor Bawaslu Tabanan, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga:  Gubernur Koster, Jangan Cari Panggung Politik di Balik Wabah Virus Corona

Menurut Rumada Panwascam agar membagi tugas dan konsentrasi untuk sosialisasi rekrutmen Panwas Desa/Kelurahan.

Kegiatan rekrutmen sesuai rencana, pada tanggal 10 Pebruari 2020. Paling lambat awal Maret sudah terbentuk Panwas Desa/Kelurahan masing-masing. Jika berminat untuk menjadi anggota Pengawas Desa/ Kelurahan, silakan mendaftarkan diri  ke Panwascam,” ujar Rumada.

Sementara itu Anggota Bawaslu I Wayan Widyardana Putra mengungkapkan, perekrutan Panwas Desa/Kelurahan harus segera dibentuk supaya bisa mengawasi pelaksanaan verifikasi pemutakhiran data pemilih.

Baca Juga:  Pengerupukan, Pemuda Tuka Lakukan Penyemprotan Disinfektan Cegah Penyebaran Corona

Sebentar lagi tahapan mutarlih dimulai lantaran Data Pemilih Potensial Pemilu (DP4) telah diterima KPU

Widyardana Putra, mengingatkan Panwascam dalam melakukan rekrutmen, jangan memaksakan untuk memasukan saudara yang tidak memenuhi persyaratan menjadi Panwas Desa.

Hal ini menurutnya penting dalam melakukan seleksi pengawas Ad hoc (sementara) memperhatikan hal-hal yang dilarang” pungkas Widyardana Putra.(mp/nar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here