Resmikan 20 Kantor DPD/DPC, Megawati Soekarnoputri : Kantor Partai Rumah Bagi Rakyat

30
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menandatangani 20 prasasti kantor PDIP di tingkat provinsi dan kabupaten/kota secara virtual di Jakarta, Rabu (22/7/2020). (ANTARA/Syaiful Hakim)

JAKARTA, MEDIAPELANGI.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menandatangani 20 prasasti kantor PDIP tingkat provinsi (DPD) dan kabupaten/kota (DPC) dalam peresmian 20 kantor partai di sejumlah daerah di Tanah Air melalui telekonferensi, di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Dalam arahannya, Megawati mengatakan, kantor partai merupakan rumah bagi rakyat, sehingga dapat digunakan sebaik-baiknya untuk menampung aspirasi rakyat.

Menurut dia, peresmian kantor PDIP di sejumlah daerah merupakan keputusan Kongres, oleh karena itu dirinya bersyukur pada hari ini terdapat 20 kantor PDIP yang bisa diresmikan.

“Alhamdulillah, dengan juga mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, syukur kehadirat Allah SWT, maka dengan ini saya resmikan kantor DPD dan kantor DPC PDI Perjuangan yang pada waktu sekarang ini sebanyak 20 kantor,” kata Megawati.

Presiden kelima RI itu berterima kasih kepada para kader PDIP karena berkat gotong royong, pembangunan 20 Kantor PDIP dapat diresmikan.

“Jadi tentunya saya ingin mengucapkan beribu l terima kasih kepada seluruh pihak, baik DPD maupun DPC yang telah berhasil membangun kantor-kantor partainya dengan bergotong royong sehingga hari ini berhasil ditandatangani sebanyak 20 kantor,” ucapnya.

Baca Juga:  Hasto: Calon Kepala Daerah dari PDIP yang Akan Bertarung di Pilkada Bekerja Keras Rebut Hati Rakyat

Menurut dia, keinginan para kader peresmian kantor partai bisa digelar secara langsung, namun karena masih ada pandemi Covid-19 maka diinstruksikan untuk menggelar peresmian 20 Kantor PDIP secara virtual.

“Seperti yang kita ketahui situasi dan kondisi dari bangsa dan republik kita sedang mengalami keprihatinan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Maka saya memutuskan untuk segara bisa dipergunakan maka peresmian ini diselenggarakan secara virtual,” ucapnya.

Sebanyak 20 Kantor PDIP yang diresmikan terdiri dari empat kantor partai untuk tingkat provinsi, yakni kantor DPD PDIP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, DPD PDIP Provinsi Kalimantan Tengah, DPD PDIP Provinsi Jambi, dan DPD PDIP Provinsi Kalimantan Barat.

Lalu 16 kantor partai diresmikan untuk tingkat kabupaten/kota atau biasa disebut DPC. Yaitu DPC PDIP Kabupaten Karangasem, DPC PDIP Kabupaten Klungkung, DPC PDIP Kabupaten Katingan, DPC PDIP Kabupaten Gunung Mas, DPC PDIP Kota Palangka Raya, DPC PDIP Kota Palu.

Kemudian DPC PDIP Kabupaten Sorong, DPC PDIP Kabupaten Pasuruan, DPC PDIP Kabupaten Sikka, DPC PDIP Kabupaten Banggai, DPC PDIP Kabupaten Bangai Laut, DPC PDIP Kota Mataram, DPC PDIP Kabupaten Sarolangun, DPC PDIP Kabupaten Kulon Progo, DPC PDIP Kabupaten Banyuwangi, dan DPC PDIP Kabupaten Tuban.

Baca Juga:  Sanjaya Minta Kader Banteng Jangan Saling Sikut, Singkirkan Konflik dalam Pilkada Tabanan 2020

“Peresmian kantor partai ini bentuk komitmen partai untuk selalu hadir di tengah masyarakat. Ibu Ketua Umum selalu mengingatkan kantor partai tidak persoalan fisik bangunan semata tapi ada aktivitas dan jiwa di dalamnya. Sebab Partai tidak hadir hanya saat jelang pilkada, pemilu legislatif, ataupun pemilihan presiden saja,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Ditambahkan Hasto, kantor partai adalah rumah rakyat yang penting sebagai rumah aspirasi rakyat, pusat pendidikan kader dan dapur kebudayaan guna memperkuat kepribadian bangsa yang penuh dengan nilai spiritualitas, rasa cinta pada tanah air dan toleransi.

“Sesuai tradisi yang dulu dilakukan Bung Karno, maka partai melakukan hal yang sama. Setiap hari Rabu dijadikan sebagai hari partai untuk melakukan pendidikan politik dan kaderisasi. Hari Sabtu merupakan hari partai yang difokuskan untuk turun dan menyatu dengan rakyat. Seluruh kebijakan strategis digodok di kantor partai melalui rapat-rapat partai,” jelas Hasto.(ant)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here