Rohcineng Pimpin Coastal Clean Up di Pantai Masceti

46
Foto – ist - Penjabat Bupati I Ketut Rochineng bersih-bersih pantai bersama pejabat di Lingkungan Pemkab Gianyar di seputaran Pantai Masceti, Jumat, (11/4/2018).

GIANYAR, MEDIAPELANGI.com – Penjabat Bupati  I Ketut Rochineng tunjukkan konsistensinya untuk membangun dan menjaga kebersihan Gianyar dengan kembali melaksanakan bersih-bersih pantai bersama pejabat di Lingkungan Pemkab Gianyar di seputaran Pantai Masceti, Jumat, (11/4/2018). Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut melibatkan seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Gianyar, masyarakat pesisir, organisasi kepemudaan serta siswa.

Menindaklanjuti instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Pemkab Gianyar mengeluarkan surat edaran tentang gerakan kebersihan, pengurangan dan penanganan sampah. Kegiatan ini merupakan aksi nyata dalam upaya mendorong partisipasi semua komponen untuk secara aktif menjaga kebersihan kantor, lingkungan, tempat suci, sungai, pantai di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, kegiatan kali ini merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran semua pihak dalam menjaga kebersihan dan peduli sampah di Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini diharapkan mendorong partisipasi semua komponen untuk semakin menjaga kebersihan lingkungan serta peduli sampah.

“Aksi peduli lingkungan dan peduli sampah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkab Gianyar. Namun, dari segi peran serta masyarakat masih perlu ditingkatkan lagi. Kegiatan ini merupakan momentum untuk secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” terang Kujus Pawitra.

Selain itu, kegiatan bersih-bersih lingkungan dan peduli sampah merupakan program yang dilaksanaan secara berkala oleh Pemkab Gianyar dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Hal ini mengingat Gianyar pada khususnya, Bali pada umumnya merupakan wisata destinasi wisata internasional sehingga keamanan dan kebersihan itu sangat penting, terutama sampah plastik dan sampah lainnya.

“Tidak hanya dari pemerintah saja, semua komponen masyarakat, baik lembaga LSM, maupun organisasi lainnya. Semua, kita harapkan melakukan kegiatan yang sama yaitu menjaga kebersihan lingkungan, pantai khususnya. Mewujudkannya perlu sinergitas antara pemerintah dan komponen masyarakat atau lembaga sosial lainnya,” terang Kujus Pawitra.

Penjabat Bupati Gianyar, I Ketut Rochineng mengatakan,  kegiatan kerja bakti bersih-bersih di kawasan Pantai Masceti merupakan Coastal clean upatau hari peduli kebersihan laut dengan melaksanakan kebersihan. “kegiatan bersih-bersih kali ini merupakan coastal clean up dimana kita peduli terhadap kebersihan laut. Kita di Kabupaten Gianyar hanya memiliki pantai sepanjang   14 km yang mana harus kita kelola dengan baik, sebagai pantai yg bersih dan indah untuk objek wisata” ujar Rohcineng.

Kegiatan bersih-bersih kali ini tampak berbeda, karena dirangkai dengan kegiatan senam dan pemberian doorprise untuk menarik minat warga ikut dalam kegiatan bersih-bersih pantai. Bupati Rohcineng juga menegaskan bahwa kegiatan kali ini berbarengan dengan hari peduli laut serentak diseluruh bali.

Rohcineng juga menugaskan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) untuk mengarahkan para pencari batu di kawasan Pantai Masceti agar tidak menaruh Batunya dipesisir pantai, agar pantai tetap kelihatan bersih. ( cintya )