Saluran Irigasi Subak Cebok Tegallalang Ambrol

108
Photo : Kokasi Longor di Banjar Kedisan Tegallalang (6/1/2018)

GIANYAR,MEDIAPELANGI.com—Hujan yang melanda wilayah Gianyar beberapa hari terakhir membuat sejumlah tebing di sejumlah desa longsor.

Seperti terjadi di wilayah Kecamatan Tegallalang, saluran irigasi Subak Cebok di Banjar Kedisan, Tegalalang, Gianyar putus pada Sabtu (6/1/2018), pagi.

Hal itu terjadi akibat tebing yang bersebelahan dengan saluran irigasi Subak Cebok ambrol sehingga saluran irigasi yang terbuat dari tiang beton disekitar tebing tergerus.

Karena longsoroan tebing, talang saluran irigasi patah mengakibatkan saluran irigasi sepanjang 100 meter ikut ambrol.  Tidak itu saja, kandang babi yang ada dipinggir tebing juga ikut tergerus longsor. Atas kejadian ini, ratusan hektar lahan sawah milik petani di Subak Cebok terancam kekeringan.

Curamnya lokasi longsoran , pemilik kandang Babi I Made Mupu mengaku tidak berani melalukan evakuasi dan membiarkan ternaknya berada diatara reruntuhan. Dia juga mengaku khawatir akan terjadi longsoron susulan mengingat hujan terus turun di wilayahnya.

Photo : Longsor di Tampaksiring (6/1/2018)

Hasil pantauan lapangan, hari ini, sore, tanah longsor juga terjadi di Jalan Ir Sukarno bukit Tampaksiring, Gianyar. Satu buah mobil jenis Pik Up ikut tergerus terbawa longsoran. Syukur pengemudi Pik Up I Wayan Geban, 28 tahun, asal Desa Tiga, Susut Bangli selamat.

Hingga berita ini diturunkan mobil Pik Up belum bisa dievakuasi. Sementara arus lalulintas  macet berjam-jam menunggu evakuasi melibatkan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Gianyar dibantu oleh masyarakat sekitar (*/mp).