Sampai di Bandara Ngurah Rai, 537 PMI Langsung Jalani Rapid Test

177
Kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) disambut oleh petugas kesehatan dan petugas pendamping di Bandara Ngurah Rai (foto-istimewa)

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Sebanyak 537 PMI (Pekerja Migran Indonesia) dari luar negeri yang terdiri dari 97 Pax ABK Carnival Cruise Line, Miami – Amerika dan 440 ABK Carnival Cruise Line, New Orleans – Amerika tiba di Bali melalui Bandara Ngurah Rai, Jumat (10/4/2020).

Kedatangan PMI disambut oleh petugas kesehatan dan petugas pendamping. Untuk
Petugas Kesehatan yakni KKP/Kantor Kesehatan Pelabuhan,
Kesdam, Dokkes Polda Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Badung dan Kota Denpasar.
(untuk pengecekan kesehatan).

Sedangkan Petugas Pendamping (mengawasi kedatangan) dari Disnaker ESDM, Pol. PP, BPBD, Dishub dan unsur TNI & Polri.

Baca Juga:  Mulai 28 Mei, Penumpang Pesawat ke Bali Wajib Hasil Tes Swab Negatif

Sekretaris Daerah Provinsi Bali yang juga selaku Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra menjelaskan PMI harus melewati protokol kesehatan dengan 3 tahap. Tahap 1, PMI melakukan registrasi dan di cek suhu tubuh menggunakan thermo gun.

Tahap 2, petugas kesehatan melakukan cek saturasi O² dan melakukan wawancara gejala batuk (batuk, sakit tenggorokan dan demam/riwayat demam) serta wawancara riwayat perjalanan.

Sedangkan tahap 3, petugas melakukan rapid test terhadap PMI. Penerimaan kedatangan PMI di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga dibantu oleh personel TNI dan Satpol PP Provinsi Bali pada bidang keamanan.

Baca Juga:  Update Corona 25 Mei: Pasien Positif 396, Sembuh 295 Orang

Dewa Indra menekankan, penerimaan PMI telah disesuaikan dengan SOP yang berlaku. Untuk itu Dewa Indra meminta kepada para PMI yang berpotensi negatif agar menjalankan karantina mandiri di rumah secara disiplin. Selain itu Satgas Gotong Royong yang ada di Desa dengan dibantu Dinas Kesehatan Kab/Kota Atau Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu agar secara disiplin memantau para PMI yang karantina secara mandiri. (mp/rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here