Satu-Satunya di Indonesia, Disdukcapil Tabanan Luncurkan Aplikasi D’Paon Serasi

156
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabanan (Dukcapil) melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi Dukcapil Pelayanan Online dan Terintegrasi atau D’Paon Serasi, Kamis (9/8/2018) di Wantilan Pura Pucak Padang Dawa Baturiti

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan serta mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabanan (Dukcapil) melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi Dukcapil Pelayanan Online dan Terintegrasi atau D’Paon Serasi, Kamis (9/8/2018) di Wantilan Pura Pucak Padang Dawa Baturiti.

Peluncuran aplikasi tersebut ditandai dengan penekanan tombol oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Hadir dalam acara tersebut Ketua Ombudsman Provinsi Bali Umar Ibnu Alkhatab, Kadisdukcapil Provinsi Bali I Wayan Sudana, Camat Baturiti dan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana menjelaskan D’Paon Serasi merupakan pelayanan online dan terintegrasi yang berbasis IT. Dengan aplikasi ini pelayanan akan menjadi lebih cepat dan efisien. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi tersebut dan dapat menggunakannya di mana saja.

“Masyarakat tidak perlu datang ke Dukcapil, aplikasi ini bisa diakses di rumah dan gratis. Tinggal log in dengan memasukkan nomor NIK dan nomor HP. Terdapat paket pilihan di dalamnya seperti Paket Serasi 1,2, dan lainnya.” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan program D’Paon Serasi ini akan dilaksanakan dalam jangka pendek, selama kurang lebih 2 bulan. Dimana dipilih 4 desa, dengan pertimbangan desa terjauh, desa yang ada di kota dan desa yang proaktif dalam pengurusan administrasi kependudukan.

“Ke empat desa tersebut antara lain Desa Dajan Peken Kecamatan Tabanan, Desa Sembung Gede Kecamatan Kerambitan, Desa Bangli Kecamatan Baturiti dan Desa Karyasari Kecamatan Pupuan,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan selain peluncuran aplikasi ini, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait layanan D’Paon Serasi ini. Diharapkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tabanan serta semua Pihak untuk mendukung dan mensukseskan GISA dan juga aplikasi D’Paon Serasi ini.

Sementara itu Bupati Eka memberikan apresiasinya atas peluncuran aplikasi D’Paon Serasi ini. Dikatakannya di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, sudah menjadi tantangan untuk mewujudkan sistem administrasi kependudukan yang efektif dalam meng-cover jumlah penduduk yang terus meningkat.

“Saya sangat bangga dengan diluncurkannya D’Paon serasi ini, sehingga administrasi kependudukan bisa dilakukan dengan cepat. Program ini harus berjalan terus dan bersinergi dengan program Tabanan Lainnya serta dapat melayani seluruh masyarakat. Aplikasi ini juga harus selalu di pantau dan dievaluasi sehingga bisa diperbaiki jika ada kekurangannya.” ungkapnya.

Bupati Eka juga berpesan kepada para OPD agar selalu memberikan yang terbaik dalam pelayanan publik dan memberikan inovasi. Terlebih, saat ini perkembangan IT  sangat pesat dan masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis dan efisien.

“Kita tidak boleh ketinggalan jaman dalam pelayanan publik. Semua harus bisa membuat inovasi dan mengikuti perkembangan jaman. Pelayanan tidak mengenal kata lelah, kita investasi hati, karma tidak pernah salah alamat, asal kita tulus pasti akan berbuah hasil,” ujarnya.

Bupati Eka kemudian secara langsung mencoba aplikasi D’Paon Serasi. Dalam kesempatan tersebut dilakukan kerja sama berupa MOU penandatanganan pemanfaatan KIA oleh Bupati Eka dengan Anemone Reading School Indonesia, Agro Puncak Bukit Catu, U.D Sastra Mas Tabanan, serta MOU Penandatanganan One Day Service Penerbitan Akta Kelahiran oleh Bupati Eka dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak Cahaya Bunda. PKS penandatanganan pemanfaatan data kependudukan dan PKS Penanda Tangan One Day Service Penerbitan Akta Kelahiran juga dilakukan oleh Kepala Dinas Dukcapil dengan pihak-pihak terkait. @rlsHumasTabanan