Sejumlah Pemuda di Jembrana Tidak Hafal Pancasila

97
foto - Sejumlah pemuda yang menamakan diri mereka dari forum komunikasi umat Hindu Jembrana dan Polisi lalulintas dari Polres Jembrana Jumat pagi (1/6/2018) membagikan buku yang berisikan butir-butir pancasila. Pembagian buku ini dilakukan di perempatan jalan Jendral Sudirman dengan menyasar pengguna jalan yang kebetulan melintas.

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Berbagai cara dilakukan untuk memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni ini.

Seperti halnya peringatan hari lahir Pancasila dikabupaten Jembrana diperingati oleh sejumlah pemuda dengan membagikan buku yang berisikan butir-butir Pancasila.

Dari sekian warga yang terlibat dalam aksi ini ternyata masih ada yang tidak hafal pancasila.

Sejumlah pemuda yang menamakan diri mereka dari forum komunikasi umat Hindu Jembrana dan Polisi lalulintas dari Polres Jembrana Jumat pagi (1/6/2018) membagikan buku yang berisikan butir-butir pancasila. Pembagian buku ini dilakukan di perempatan jalan Jendral Sudirman dengan menyasar pengguna jalan yang kebetulan melintas.

Ketua aksi peringatan hari lahir Pancasila I Putu Adi Prasetya mengaku,  aksi ini dilakukan agar masyarakat lebih mengenal dan memaknai kembali makna dari butir-butir yang terkandung dalam sila Pancasila.” Dimana supaya masyarakat lebih mengenal kembali dan memaknai kembali apa itu pancasila sebagai pedoman tentunya negara Indonesia,”kata dia.

Ada yang lucu dalam aksi ini, beberapa pengguna jalan yang ditemui saat diminta menyebutkan sila dari Pancasila kebanyakan salah dan mengaku lupa.

Seperti salah satu penguna jalan Eka warga Jembrana yang tidak hafal dengan sila Pancasila “ketuhanan yang maha esa,dua kemanusiaan yang adil dan beradab,tiga keadilan social,eh tiga keadilan social,empat kerakyatan yang dipimpin bla..bla.. Perwakilan,lima keadilan social bagi seluruh rakyat indonesia”

Sementara itu Ketut Sadewa juga menyebutkan hal yang sama, “pancasila ketuhanan yang maha esa,dua keadilan social,eh kemanusiaan yang adil dan beradab,tiga persatuan indonesia,empat kerakyatan yang dimpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan,lima keadilan social bagi seluruh rakyat indonesia”

Diharapkan dengan aksi ini warga jembrana mengetahui jika hari ini adalah hari lahir pancasila dan bisa memaknai sila Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari demi terjaganya keutuhan NKRI. (ka-ak)