Sekda Dewa Indra Tegaskan Komitmen Pemprov Bali Bangun Kredibilitas ULP

279
Sekda Audiensi dengan UKPBJ

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menerima kunjungan Mentoring Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) yang berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di ruang kerjanya, Kamis (22/11/2018).

Pada kesepatan itu, Sekda Dewa Indra menyatakan Pemprov Bali terus berkomitmen untuk terus menjaga proses dan pelaksanaan pengadaan barang/jasa guna membangun pemerintahan yang kredibel, dipercayai oleh masyarakat, dan meminimalisir penyimpangan-penyimpangan yang bisa menimbulkan resiko hukum. “Semenjak saya memimpin di Unit Layanan Pengadaan (ULP) saya sudah menerapkan sekat-sekat agar para pelaku tender tidak bisa bermain, apalagi dengan jabatan saya saat ini, tentu harus lebih baik lagi  dan saya akan terus berkomitmen menjaga pelaksanaan pengadaan barang/jasa dari penyimpangan. Jika prosesnya sudah benar sesuai standar, maka tidak akan mungkin pemenang tender memiliki kemampuan untuk melakukan praktek suap,” tegasnya seraya menjelaskan Pemprov Bali juga sudah membangun kerjasama melalui penandatanganan MoU antara Kepala Daerah dengan Depdagri dan Polri guna mitigasi resiko hukum.

Baca Juga:  Ketua LDII Kabupaten Tabanan Apresiasi TNI dan Polri Sukses Amankan Pemilu

Lebih Jauh terkait kegiatan Mentoring bagi ULP Pemprov Bali, Dewa Indra berharap bisa memperkuat pelaksanaan pemerintahan dilingkungan pemprov dari segi kelembagaan, sumber daya manusia, tata kelola maupun mitigasi resiko. Saat ini ULP sudah ditangani oleh SDM yang sebagian besar sudah memenuhi standar kompetensi. “Para petugas ULP itu kan harus fungsional, 9 diantaranya sudah bersertifikasi, yang lainnya akan segera menyusul. Kedepan mungkin bisa kita rencanakan rekrutmen CPNS formasi khusus yang penempatannya langsung di ULP,” imbuhnya.

Baca Juga:  Gelar Bali Resik Sampah Plastik di Kerambitan

Sementara itu, perwakilan Mentoring UKPBJ Lukman menjelaskan mentoring difokuskan pada pelatihan manajerial khususnya manajerial barang/jasa agar para peserta mampu belajar melihat ketersesuaian barang/jasa dan melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada terkait proses satu tender. Ia pun memuji kemampuan yang dimiliki SDM ULP pemprov Bali yang diharapkan bisa terus ditingkatkan.(amb)