Selamatkan Populasi Sapi Bali, Tim Keswan Jembrana Beri Pelayanan Kesehatan

14
Bidang kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana memberikan pelayanan kesehatan hewan sapi Bali di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Rabu (12/8/2020).

JEMBRANA,MEDIAPELANGI.com – Sebagai upaya penyelamatan populasi sapi Bali Bidang kesehatan hewan dinas pertanian dan pangan Kabupaten Jembrana memberikan pelayanan kesehatan hewan terutama sapi Bali di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara.

Dalam kegiatan tersebut sapi-sapi milik warga diberikan suntikan vitamin, obat cacing, pelayanan kawin suntik sampai pada sapi-sapi sedang bunting di data petugas.

“Hal ini dilakukan untuk mendata populasi sapi Bali di Jmbrana, guna menjamin kuwalitas sapi Bali dan mencegah kepunahan sapi bali akibat penyakit,” jelas I Wayan Widarsa, Kabid Keswan dan Kesmavet, Jembrana, Rabu,(12/8/2020).

Baca Juga:  PN Denpasar Tolak Permohonan Pergantian Majelis Hakim Kasus Jerinx

Dari kegiatan tersebut petugas mendata ada, 49 ekor sapi Bali yang diberikan pelayanan kesehatan di banjar tersebut. Tercatat rata-rata sapi-sapi menderita cacingan.

“Temuan-temuan di sini memang sedikit kita temukan mudah-mudahan ini bisa dipertahankan. Akan tetapu, cuman satu kita sarankan kepada peternak agar tidak sampai melakukan in breeding atau perkawinan satu darah ini yang menyebabkan kualitas sapi itu akan jelek anak-anaknya akan kerdil dan pertumbuhannya tidak bagus,” ujarnya.

Baca Juga:  Jubir Satgas Covid-19 Sebut Minim Informasi Pemda Lakukan Pelacakan

Selain itu, di umur umur 3 bulan keatas biasanya peternak tidak cermat mengamati sapinya, biasanya terkena cacingan dan mencret darah itu biasanya kasus-kasus oxydiosis.Sembari menambahkan, dengan kegiatan pelayanan kesehatan hewan terutama ternak sapi Bali, diharapkan akan mampu meningkatkan populasi serta kuwalitas sapi Bali di kabupaten Jembrana Bali.

“Dari total data jumlah populasi sapi Bali, untuk jumlah di Jembrana, tercatat kurang lebih sebanyak 36 ribu ekor,” tutupnya.(*mp)

 

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here