Simakrama di Sambut Beleganjur Perempuan, Ratusan Warga Desa Yangapi Satu Jalur Dukung Koster-Ace

70
foto - ist - Simakrama Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut 1, Wayan Koster-Tjok Oka Arta Ardana Sukawati (Koster-Ace)

BANGLI, MEDIAPELANGI.com – Kecintaan masyarakat Bangli terhadap Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut 1, Wayan Koster-Tjok Oka Arta Ardana Sukawati (Koster-Ace) sangat luar biasa.  Terbukti tiap Cagub Wayan Koster mesimakrama di sejumlah desa di Bangli selalu disambut antusias ratusan warga.

Pada Senin (23/4/2014), Calon Gubernur Wayan Koster mesimakrama di sejumlah desa di Bangli. Di antaranya Desa Demulih, Kecamatan Susut dan Desa Yangapi Kecamatan Tembuku. Di Desa Yangapi, Wayan Koster disambut oleh sekehe beleganjur perempuan desa setempat.

Bertempat di Bale Banjar Metra Tengah, Desa Yangapi, Koster memaparkan sejumlah program prioritas yang dibutuhkan masyarakat Bali khususnya di bidang pertanian dan perkebunan. Apalagi mengingat wilayah Kabupaten Bangli terkenal akan produk buah lokalnya seperti jeruk Kintamani dan kopi Kintamani.

“Nanti tiyang akan buatkan program secara terintegrasi dari hulu ke hilir. Kita akan bantu dari segi akses permodalan sampai pemasaran,” ujarnya.

Untuk pemasaran produk pertanian dan perkebunan, pihaknya akan membuat peraturan daerah (Perda) agar hotel dan restoran di Bali menggunakan produk buah lokal seperti jeruk Kintamani dan lainnya.

“Tiyang juga akan buatkan pasar khusus yang menjual buah-buahan lokal seperti di Bangkok (Thailand). Termasuk juga membantu pemasaran antar daerah dengan membuat badan yang khusus mengurus itu. Termasuk untuk pasar  luar negeri nanti tiyang bantu melalui pembuatan sistem dengan pemanfaatan teknologi informasi,” imbuhnya sembari menambahkan hal itu akan mampu mendongkrak kesejahteraan petani.

Selain itu Koster juga memaparkan program pendidikan gratis 12 tahun, bedah rumah, pelayanan kesehatan gratis melalui Krama Bali Sehat (KBS), penghotmikan jalan desa dan pemerataan pembangunan antar wilayah di Bali.

“Pembangunan antar wilayah di Bali harus dijalankan secara merata berimbang dan merata. Nanti tiyang dorong pembangunan di Bali Tengah, Timur juga Utara biar bisa sejajar dengan di Selatan (Badung dan Denpasar),” ungkapnya.

Di akhir simakrama semua warga meneriakan yel-yel salam Satu Jalur, Koster-Ace menang dan Koster Gubernur Bali sebagai bentuk dukungan terhadap Paslon yang diusung PDIP, Hanura, PAN, PKB, PPP dan PKPI tersebut. Turut ikut mendampingi Cagub Wayan Koster di antaranya Ketua Tim Pemenangan Koster-Ace Kabupaten Bangli Sang Nyoman Sedana Artha, perwakilan partai pengusung serta sejumlah tokoh masyarakat Desa Yangapi. (mp)