Sukseskan Porprov 2019, Komisi IV DPRD Tabanan Mulai Bahas Teknis dan Alokasi Anggaran

46
?????????????

Tabanan (Mediapelangi.com)-Setelah secara resmi menerima mandat sebagai tuan rumah Porprov XIV tahun 2019 Pemkab Tabanan kini mulai merapatkan barisan. Pihak eksekutif maupun legislatif kini mulai focus pada persiapan infrastruktur dan penganggaran sehingga penyelenggaraan ajang olahraga dua tahunan tingkat provinsi Bali tersebut bisa berjalan lancar dan sukses.

“Kita sudah masuk dalam proses persiapan menjadi tuan rumah, kita tidak bisa mundur lagi, tuan rumah Porprov adalah gengsi daerah”, ujar Ketua Komisi IV DPRD Tabanan I Made Dirga saat memimpin rapat dengar pendapat antara Komisi IV DPRD Tabanan bersama KONI dan Bappeda Tabanan, Jumat (24/11/2017).

Made Dirga mengatakan, Komisi IV ingin mendengar lebih detail tentang persiapan dan rencana teknis penyelenggaraan Porprov 2019 dari KONI karena hal itu pasti akan berhubungan dengan alokasi anggaran. “Kami sekarang focus pada perencanaan anggaran”, ujarnya.

Selain mengundang KONI, Komisi IV juga mengundang Bappeda Tabanan untuk membantu memberikan gambaran tentang struktur dan mekanisme perencanaan anggaran khususnya yang akan dimasukan di APBD 2018 sehingga Komisi IV bisa mengawal dalam rapat-rapat pembahasan dengan panitia anggaran. Hadir mewakili Bappeda Tabanan Bapak Oka Kamasan- Bidang Pembangunan Manusia.

Saat diminta masukan oleh Komisi IV, Oka Kamasan memaparkan anggaran yang diusulkan KONI Tabanan tahun 2018 sebesar 8,5 milyar, saat ini kami baru bisa pasang sebesar Rp. 4 milyar, artinya kurang lagi 4,5 milyar. Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk biaya operasional KONI, Pengadaan fasilitas olahraga semua cabor, pembinaan atlet, dan bonus bagi atlet Tabanan yang meraih medali di Porprov XIII bulan September lalu di Gianyar. Sedangkan tahun 2019 anggaran yang dibutuhkan kurang lebis Rp. 17 milyar yang diperuntukan untuk biaya pengembangan dan pembangunan infrastruktur olahraga, penyelenggaraan Porprov, Operasional KONI dan biaya keikut sertaan atlet di Porprov. “Alokasi anggaran tersebut harus mulai dibahas dan dipastikan, pungkas Oka.

Sementara Ketua KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan menyampakan, penyelenggaraan pertandingan Porprov 2019 rencanannya akan disebar di seluruh Kecamatan dan berdasarkan hasil survey fasilitas olahraga yang ada hampir semuanya belum memenuhi standar, tandasnya.

Sementara Sekretaris Komisi IV Edy Wirawan menegaskan, pada prinsipnya kalau eksekutif dan legislatif berkomitmen pasti bisa jalan, sebagai tuan rumah porprov 2019 kita harus menjaga kehormatan Tabanan, pungkasnya. (*/mp).