Survei Saiful, Muslim dan Suku Jawa Lebih Banyak Pilih Mantra-Kertha

60
foto - ist - Deni Irvani, Direktur Riset Saiful Mujani Research & Consulting

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Ada yang menarik dari rilis hasil survei Pilgub Bali yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research & Consulting, Senin (11/6/2018).

Ternyata paslon 2 Mantra-Kerta lebih banyak dipilih oleh warga suku jawa dan umat muslim, sedangkan paslon 1 Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati unggul pada kelompok pemilih beragama Hindu, serta pada kelompok etnis Bali.

Deni Irvani, Direktur Riset Saiful Mujani Research & Consulting kepada wartawan, di Denpasar, Senin (11/6) memaparkan, Sedangkan paslon 2 unggul pada kelompok pemilih beragama Islam, dan etnis Jawa, sedangkan paslon 1 lebih banyak dipilih warga lokal dan suku selain jawa serta beragama hindu.

“Wayan Koster-Tjok Oka Sukawati unggul pada pemilih beragama Hindu dan pada kelompok etnis Bali, sedangkan paslon 2 unggul pada kelompok pemilih beragama Islam, dan etnis Jawa,”katanya.

Kesimpulan survei, jika pemilihan langsung Gubernur Bali diadakan saat survei berlangsung, pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mendapat dukungan 48,3 persen, sementara Mantra –Kertha mendapat dukungan 26,9 persen.

Yang belum tahu sekitar 24,8 persen. Selisih dukungan kedua pasangan sekitar 21,4 persen.
survei dilakukan dengan sampel 820 orang, kepada warga Negara Indonesia (WNI) di Provinsi Bali yang sudah memiliki hak pilih. Dengan metode multistage random sampling Desa/kelurahan di tingkat Kecamatan dipilih dengan jumlah proporsional, dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (mp)