Tabung Setrika Uap Meledak, Usaha Loundry Rusak Parah

310
Akibat dari ledakan tersebut tempat usaha Kusuma laundry Ni Made Murni (47) mengalami rusak berat pada bagian plafon yang terbuat dari anyaman bambu

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Diduga tekanan uap tinggi, tabung setrika uap  Kusuma laundry di Banjar Bongan Puseh, Desa Bongan, Tabanan meledak, Selasa  (4/9/2018).

Akibat dari ledakan tersebut  tempat  usaha  Kusuma laundry  Ni Made Murni (47) mengalami rusak berat pada bagian plafon yang terbuat dari anyaman bambu berlubang dengan diameter 1, 5 meter. Beruntung dari peristiwa ledakan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Kapolsek Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja menjelaskan, kejadian tersebut bermula sekira pukul 16.30 Wita,  korban selaku pemilik Laundry  seperti biasa menyetrika pakaian pelangganya dengan menggunakan setrika listrik mengingat setrika uap yang digunakan gasnya habis.

“Saat itu korban kurang lebih 10 menit menggunakan setrika listrik tiba – tiba tabung air (tangki) setrika uap meledak keatas menembus plafon dan atap genteng kurang lebih setinggi 10 meter dan terjatuh ketanah di depan  rumah   saksi I Putu Sancaya (41) kearah barat  berjarak  kurang lebih 15 meter dari posisi tabung air (tangki) ditempatkan,”jelasnya.

”Bahwa  dugaan penyebab meledaknya tabung seterika uap karena tekanan uap yang terlalu tinggi pada tabung dalam keadaan kosong, dan korban lupa mematikan kompor pemanas tabung air (tangki) sehingga api tetap menyala dan air dalam tabung habis sehingga tabung tangki  panas dan meledak keatas,”ujar  Kompol Surya Atmaja.

Akibat kejadian ini  korban mengalami luka lecet pada tulang kering, kerusakan pada plafon yang terbuat dari anyaman bambu berlubang dg diameter 1, 5 meter. Serta kayu atap patah dan  atap genteng berlubang dengan diameter 2 meter serta beberapa genteng hancur jatuh ke tanah. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 10 juta.(ka)