Tabung Uap Laundry di Jambe Meledak, 1 Orang Terluka

329
Petugas Kepolisian Saat Olah TKP Tabung Gas Meledak di Jalan Kaswari Nomer 23 Banjar Jambe Belodan, Desa Dauh Peken, Tabanan. ( Eka Buana/ Media Pelangi)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Tabung uap  usaha jasa cuci Bunda Laundry milik Ni Nyoman Widiastuti (33) di Jalan  Kaswari  Nomer 23 Banjar Jambe Belodan, Desa Dauh Peken, Tabanan, meledak. Satu orang dibawa ke rumah sakit akibat kejadian ini.

Berdasarkan informasi  yang  berhasil di himpun kejadian  bermula  Rabu (5/8/2018) sekira pukul  15.15 Wita korban  Ni Putu Erna Purnamayanti  (32) warga  karyawati Bunda Laundry  seperti biasa bertugas mencuci dan  menyetrika pakaian pelanggan.

Sewaktu korban menyetrika pakaian dengan menggunakan setrika uap  tiba – tiba tabung uap air meledak dan terpental  keatas kurang lebih setinggi 7 meter  mengakibatkan tembok dinding pembatas kios hingga berlubang  dan  juga plafon yang terbuat  dari papan kalsiboard warna putih dan atap yang terbuat dari plat baja terbuka serta  tabung uap air jatuh kearah selatan didalam areal pura sanggah milik I Nyoman Djedeng , yang berjarak kurang lebih  15 meter dari TKP.

Mendengar suara ledakan saksi  I Wayan Mertayasa  Penjual Sate yang berlokasi di sebelah utara kios Bunda Laundry berlari menuju kios Bunda Laundry dan melihat korban Ni Putu Erna Purnamayanti dalam keadaan tertimpa reruntuhan tembok pembatas dinding yang terbuat dari kayu dan ditutupi papan kalsiboard putih, selanjutnya  saksi I Wayan Mertayasa menolong korban dengan cara mengangkat korban keluar , kemudian datang  suami korban Putu Weda Ariadita selanjutnya mengangkat korban keatas mobil  dan dilarikan ke BRSU Tabanan.

Kopolsek Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja saat di konfirmasi membenarkan kejadian tersebut , dari hasil olah TKP korban diduga tidak mengetahui air dalam tabung air uap habis sedangkan kompor pemanas masih menyala  sehingga air  tabung air (tangki) habis dan menimbulkan suhu,  panas dalam tabung air uap semakin tinggi  dan  mengakibatkan tabung air uap meledak serta terpental   keatas,”katanya. Rabu (5/8).

Akibat kejadian  ini korban Ni Putu Erna Purnamayanti yang  tinggal Jalan Cendrawasih Gang VIII No. 8 Banjar Jambe Baleran,  Desa Dajan Peken , Tabanan mengalami luka bakar pada lengan tangan kanan dan samping lutut kaki kiri, luka robek pada bagian telinga atas sebelah kanan, kelopak mata sebelah kiri terasa panas dan korban menjalani rawat inap di BRSU Tabanan.

Kerugian akibat kejadiian ini kios Jual Sate Kambing milik I Wayan Mertayasa mengalami kerugian di taksir mencapai  Rp 10 juta. Sementara itu pemilik Bunda Laundry milik Nyoman Widiastuti  kerugianya belum dapat di hitung karena masih di data,”pungkas Kompol Surya Atmaja. (ka).