Tari Palegongan Klasik Duta Kabupaten Badung

218
Foto: Tari Palegongan Klasik Duta Kabupaten Badung.

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Pementasan Tari Palegongan Klasik oleh Sanggar Puspa Kencana, Duta Kabupaten Badung berlangsung di Kalangan Ayodnya, tepatnya pada 14.00 wita, Sabtu siang (14/07/2018).

Dengan melibatkan 16 penari, kelompok itu menampilkan Tari Condong, Tari Legong Goak Macok, Tari Jauk Keras, Tari Legong Kuntul, dan Tari Baris Kekupu.

Tari Baris Kekupu menggambarkan sekelompok kupu-kupu yang terbang di taman bunga dan mengelilingi bunga yang penuh warna. Tarian ini diciptakan oleh I Nyoman Kaler. Tarian ini biasanya ditarikan pada saat Upacara Memukur sebagai pelengkap upacara.

Hal ini dipercaya karena kupu-kupu adalah binatang yang dapat mengantarkan atma ke suarga Loka.

Bagi Ketua Sanggar Seni Puspa Kencana, Ketut Sumber Budi, “Kami tampil berorientasi untuk  membangkitkan kembali  tari-tari yang notabene hampir tenggelam,”.

Dirinya bukan berlatar belakang seniman, memang. Tapi lagi-lagi rasa cinta menjadi alasan mendasar  munculnya niat melestarikan tari klasik dalam diri Sumber Budi.

Terlebih orang sekitarnya  yang juga mencintai seni semakin membuat Sumber Budi turut larut dalam berkesenian. “Tapi di sini saya lebih dalam mengorganisir dan mewadahinya,” aku Sumber Budi. (mp)