Tebing Longsor Tutupi Akses Jalan, 12 KK Terisolasi

71
foto-Tebing Setinggi 25 Meter Longsor Timpa Garase

Bangli,mediapelango.com-Guyuran hujan membuat tebing setinggi 25 meter, longsor.Longsornya tebing tersebut menyeret tembok milik I Nyoman  Suryawan, warga Desa Demulih, Desa Susut, Bangli.Minggu (31/12/2017)

Akibatnya longsoran tebing juga menutupi akses jalan setapak yang di manfaatkan oleh warga,longsoran juga menimpa mobil yang terparkir digarase milik I Wayan Widana hingga mengalami kerusakan yang cukup parah karena tertimbun material longsoran.Beruntungnya kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Menurut  Nyoman Suryawan,mengatakan kejadiannya sekitar pukul 11.00, wita,saat kejadian  sempat terdengar suara gemuruh.Setelah dicek ternyata banguannnya yang terseret longsor kemudian menimpa grease beratap seng  dibawahnya,”katanya.Senin(01/01/2018)

Di katakana saat kejadian memang tidak turun hujan, namun tiba-tiba tanah longsor,kemungkinan ambalasnya tanah ini  akibat dampak hujan sebelumnya.akibat kejadian ini kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah ”ujar Suryawan.

Lanjut dia tebing disekitar lokasi bangunannya memang sangat labil,sebelumnya beberapa kali tanah sempat longsor kecil.Beberapa hari lalu tanah disebelah barat lokasi juga jebol,”jelasnya.

Disamping itu dengan jebolnya tebing yang menutupi jalan setapak juga mengakibatkan sekitar 12 KK menjadi terisolasi. Karena tidak ada jalan alternatif untuk menuju rumahnya masing-masing.

Kalau pun ada di sebelah utara, lokasi pemukinan itu adalah tanah milik orang lain sehingga masih pinjam sementara,kalaupun itu lama akan memerlukan proses panjang . Terkait dengan kejadian ini, Suryawan berharap ada perhatian dari Pemkab Bangli.Mengingat jebolnya jalan ini membuat 12 KK menjadi terisolasi. “Untuk membuat senderan membutuhkan biaya tinggi. Jadi kami sangat berharap ada perhatian pemerintah,”harapnya.(eka-nt)