Tekan Laka Lantas, Polres Tabanan Cek Kesehatan Sopir Truk

214

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Sebagai upaya dalam menekan angka kecelakaan lalulintas, Polres Tabanan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis khususnya bagi pengemudi truk dan bus yang melintas di wilayah hukum Polres Tabanan.

Pemeriksaan kesehatan gratis yang dirangkai dengan edukasi bagi para pengemudi tersebut, berlangsung di rest area Warung Pantai Desa Selabih dengan melibatkan kurang lebih 30 personil dari pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan dari Poliklinik Polres Tabanan, Rabu (18/07/2018).

Kapolres Tabanan AKBP Sinar Subawa mengatakan, angka kecelakaan di wilayah Polres Tabanan khususnya di jalur Denpasar Gilimanuk sangat sering terjadi. Hal tersebut diduga disebabkan truk memuat muatan lebih dan supirnya dalam kondisi kurang fit sehingga kerap terjadi kecelakaan, baik itu truk mundur maupun terbalik.

“Di sepanjang jalur yang ada di wilayah hukum Tabanan ini sering sekali ada kecelakaan lalulintas yang disebabkan salah satunya kelebihan muatan. Sehingga tidak kuat Nanjak dan mogok,” sebutnya.

Menurutnya, selain pemeriksaan kesehatan gratis pihaknya juga melakukan edukasi berupa himbauan kepada para supir agar tidak memuat muatan berlebihan dan juga menjaga kondisi kesehatan.

“Mereka para pengemudi truk tronton harus memiliki kondisi yang prima. Sehingga bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan,” tegasnya seraya mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini akan diadakan secara rutin.

Drg. Ni Made Ayet Wintari dari Poliklinik Polres Tabanan mengatakan, pemeriksaan para supir tersebut untuk mengecek kondisi kesehatan supir. Seperti, cek tensi dan jika ada kurang fit, maka diberikan vitamin.

“Beberapa sopir ada yang batuk dan pilek. Mereka kita berikan vitamin dan menyarankannya untuk beristirahat yang cukup,” katanya. (mp)