Tekan Populasi, Banjar Yeh Gangga Lakukan Sterilisasi Belasan Anjing dan Kucing

55
foto-Yayasan Seva Bhuana bekerjasama dengan Bali Pet Crusaders Sterilisasi Belasan Anjing dan Kucing di Yeh Gangga

Tabanan,mediapelangi.com–Seorang pecinta binatang yang juga seorang wisatawan, Natalia, mensterilisasi sejumlah anjing dan kucing di Banjar Yeh Gangga,Desa Sudimara,Tabanan.

Sejak Pukul. 10.00 WITA puluhan warga nampak berkumpul di Balai Banjar membawa anjing dan kucing untuk disteril.

Kelian Banjar Yeh Gangga I Ketut Pindo mengatakan,wisatawan yang menetap di pantai Yeh Gangga tersebut ingin mengurangi populasi anjing dan kuncing di wilayah tersebut, jelasnya.

Pindo juga mengatakan kawasan pantai Yeh Gangga dan persawahan disekitarnya sering dijadikan tempat pembuangan anak anjing dan kucing yang lahir tidak diharapkan, warga luar  juga banyak yang membuang anak anjing disini,kata Pindo.

Proses sterilisasi dilakukan oleh Yayasan Seva Bhuana bekerjasama dengan Bali Pet Crusaders. Seorang petugas sterilisasi, Kadek Karina Dewi Wijayanti menyebutkan, pihaknya rutin melakukan sterilisasi di Denpasar dan Badung.

“Jika diluar wilayah itu, biasanya akan ada monitoring dari dinas peternakan atau pertanian,” katanya.

Untuk melakukan sterilisasi atau pada hewan jantan disebut kastrasi biasa Yayasan Seva Bhuana akan dihubungi melalui telepon karena tidak memiliki sekretariat melalui nomor telepon 087862338278. “Jika di luar Badung dan Denpasar biasanya kami minta surat dari kelihan dinas,” terangnya.

Di Balai Banjar Yeh Gangga, hingga pukul 12.30 WITA sudah ada sekitar 14 ekor anjing dan 1 kucing yang disterilisasi. Biasanya yang disterilisasi adalah hewan ras lokal karena ras import cendrung disayang dan jarang dibuang atau dibiarkan liar. Untuk proses sterilisasi Yayasan Seva Bhuana meminta donasi maksimal Rp 220 ribu, jika mampu. Jika tidak maka donasi bisa diberikan seiklasnya.(*/mp).