Terpapar Abu Gunung Agung, BPBD Imbau Warga Gunakan Masker

234
foto -ist - Terpapar Abu Gunung Agung Perbekel Jatiluwih Nengah Kartika Membagikan Masker ke Warga

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Abu Vulkanik akibat erupsi Gunung Agung mencapai wilayah Tabanan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan membagikan 1.250 masker ke masyarakat yang tinggal di wilayah terpapar abu vulkanik.

Pembagian masker gratis tersebut dalam rangka mencegah akibat yang ditimbulkan dari menghirup debu abu vulkanik. “Kami dalam kegiatan pembagian ini, ada sekitar 1.250 masker yang diberikan secara gratis,” kata  Kepala BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Sucita, Kamis(5/7/2018).

Pembagian masker dilakukan yang terpapar abu ada di wilayah utara seperti Baturiti, Penebel, dan Pupuan. Tapi tidak semua desa di tiga kecamatan tersebut yang terdampak abu dilakukan secara door to door ke rumah warga dan juga kepada para pedagang dan warung yang berada di pinggir jalan.

Diharapkan masker tersebut akan membantu untuk melindungi warga agar tidak menghirup abu vulkani tersebut. “Kami juga sudah bagikan ribuan masker untuk warga yang terdampak. Semoga saja dengan masker bisa membantu masyarakat agar tidak menghirup abu vulkani secara langsung,” katanya

Dengan pembagian masker tersebut, Sucita berharap masyarakat sadar akan bahaya dari menghirup debu abu vulkanik. Kemudian beraktifitas dengan selalu menggunakan masker untuk sementara ini. Dengan pembagian masker tersebut, pihaknya berharap, masyarakat sadar akan bahaya dari menghirup debu abu vulkanik tersebut,”pungkas Sucita. (ka)