Tiga Sulinggih Puput Puncak Karya Pedudusan Agung dan Balik Sumpah Pura Agung Jagatnatha

27

Denpasar (Mediapelangi.com)- Puncak Karya Pedudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah Utama Pura Jagatnatha Denpasar yang jatuh pada hari ini Jumat (3/11/2017) betepatan dengan Purnama Kelima Sukra Paing Dungulan. Sejak pagi hari ribuan Umat Hindu datang/mendak tangkil untuk melakukan persembahyangan.

Puncak Karya dimulai sekitar Pk. 10.00 Wita. Nampak hadir pada kesempatan tersebut Penglingsir Puri Satria yang juga anggota DPD Dapil Bali, AAN Oka Ratmadi, Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar IG Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Panglingsir Puri se-Kota Denpasar serta seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar berbaur bersama masyarakat melaksanakan persembahyangan besama.

Rangkaian upacara ini dipuput 3 Sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Putra Telabah, Ida Pedanda Gede Putra Dalem, Ida Pedanda Gede Ngurah Telaga.

Pelaksanaan Puncak Karya ini berlangsung dengan sangat khusuk  diiringi dengan berbagai tarian Dewa Yadnya, wayang, kekidungan dan tetabuhan dari warga masyarakat setempat. Pelaksanaan upacara  ini sebagai wujud rasa syukur dan memohon keseimbangan alam dalam upaya melanjutkan pembangunan di Kota Denpasar. Wakil Walikota Jaya Negara mengatakan dengan selalu memohon petunjuk kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa dari pelaksanaan upacara ini mampu memantapkan Sradha Bhakti kita dalam menjalankan kewajiban  di kehidupan sehari-hari.

“Kita berharap kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya dengan adanya upacara seperti ini nantinya dapat meningkatkan rasa bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan dengan terlaksananya karya ini menjadi berkah untuk kesejahteraan masyarakat serta umat sedharma,” kata Jaya Negara.

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan upacara ini telah dilaksanakan sejak 20 Oktober lalu diawali dengan matur piuning karya dan nyukat genah dan pada 29 Oktober lalu diaksanakan pemelastian ke Pantai Padang Galak dan pada 30 Oktober dilaksanakan upakara Tawur Balik Sumpah. Sedangkan puncak kaya diselenggarakan pada Sukra Paing Dunggulan, Jumat 3 Nopember dan penyineban pada 6 Nopember mendatang. (*mp.humd)