Tim Penggerak PKK Tabanan Pembinaan di Desa Dauh Peken

124
 Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan Lakukan Pembinaan di Desa Dauh Peken

TABANAN, MEDIAPELANGI.com  – Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan secara rutin melaksanakan pembinaan terhadap desa binaan, setiap tahunnya TP PKK Tabanan membina 20 desa binaan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana PKK Desa melaksanakan 10 program pokok PKK. Kali ini TP PKK melakukan Pembinaan Lomba Desa Terpadu  kepada TP PKK Dauh Peken, Jumat (6/7/2018) di Balai Banjar Tegal Baleran, Tabanan.

Pembinaan ini juga merupakan persiapan bagi desa binaan dalam lomba PKK tingkat Kabupaten 2019 nanti. Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya dan juga anggota TP PKK Kabupaten Tabanan.

Nyonya Rai Wahyuni dalam sambutannya berharap pembinaan ini dapat diikuti dengan baik. Selain itu, dalam pembinaan ini pihaknya juga menggandeng Tim Pokjanal Posyandu yang nantinya akan membina kader-kader posyandu yang ada di Desa Dauh Peken.

“Saya berharap agar seluruh pembinaan ini benar-benar diikuti dengan baik, sehingga nantinya akan memberikan manfaat bagi ibu-ibu PKK Desa Dauh Peken,” katanya.

Dikatakannya, melalui kegiatan pembinaan ini pihaknya juga berharap seluruh jajaran PKK dapat mengambil langkah langkah dalam menerapkan 10 program pokok PKK hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015.

“Penjabaran dari 10 program pokok PKK terdapat program unggulan yang memang merupakan ciri khas gerakan PKK untuk mencapai visi dan misinya. Yang mutlak dilaksanakan oleh seluruh jajaran tim penggerak PKK,” ungkapnya.

Dijelaskan pihaknya program yang dimaksud antara lain adalah pola asuh anak dan remaja, pemberdayaan ekonomi keluarga, pemanfaatan lahan melalui program hatinya PKK dan hidup bersih sehat di dalam keluarga dan lingkungan dengan PHBS dan perilaku CERDIK,” ucapnya.

Pihaknya juga mengingatkan soal administrasi, dimana dalam administrasi arsip-arsip surat, kumpulan surat, arsip laporan dan segala bentuk administrasi diharapkan di file dengan baik sehingga tidak ada arsip yang hilang.

“Kami mengharapkan kepada TP PKK Dauh Peken agar melaksanakan tertib administrasi.,” imbuhnya.

Sementara itu Ibu Kepala Desa Dauh Peken Ni Komang Sriwiatini mengungkapkan terima kasihnya atas kedatangan TP PKK Kabupaten Tabanan yang membina desa Dauh Peken.

“Terima kasih atas kedatangannya,Semoga dengan pembinaan ini kami dapat menjadi lebih baik, serta dapat memperbaiki kekurangan kami. kami mohon senantiasa dukungannya,” ungkapnya.

Dijelaskan dalam menghadapi lomba desa terpadu tahun 2019  beberapa persiapan dilakukan antara lain persiapan data-data pendukung Posyandu dan BKB serta perbaikan registrasi data. Tidak hanya itu beberapa kegiatan PKK sudah mereka lakukan di tahun 2016-2017, diantaranya pelatihan, pemberian sembako, dan lomba-lomba.

“Kegiatan yang telah kami lakukan antara lain; Pelatihan Banten/Upakara, Pemberian Sembako untuk para lansia rumah tangga miskin yang ada di Desa Dauh Peken, Lomba permainan tradisional antar ibu-ibu PKK antar Banjar se Desa Dauh Peken, jalan santai menelusuri pura-pura yang merupakan warisan budaya yang ada di Desa, fun game dan kegiatan lainnya,” jelasnya.

Dalam sambutannya pihaknya juga menceritakan tentang profil Desa Dauh Peken,meliputi jumlah penduduk, kondisi wilayah, pendidikan, kesehatan, keadaan sosial, struktur penduduk, dan lainnya. @HumasTabanan.