TP PKK Provinsi Bali Dukung Gerakan Ayo Minum Air

48
Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali mendukung gerakan Ayo Minum Air (AMIR)

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali mendukung gerakan Ayo Minum Air (AMIR) yang diperkenalkan mulai anak usia dini. Karena minum air dengan porsi yang cukup setiap harinya diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati pada kegiatan Monitoring dan TOT Air Bagi Kesehatan oleh TP PKK Pusat  di Posyandu dan PAUD Banjar Mandala Sari, Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar, Selasa (30/10/2018).

Menurut Ny.Tjok. Putri Hariyani, pemahaman akan pentingnya kesehatan sangat penting ditanamkan sejak anak usia dini. Hal ini mengingat kesehatan merupakan investasi bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Ditambahkannya, AMIR merupakan bagian dari Gerakan Hidup Sehat (Germas) yang saat ini tengah gencar dikampanyekan oleh pemerintah. TP PKK sebagai organisasi yang berbasis keluarga berkewajiban untuk terus memberi pemahaman kepada masyarakat agar mengkonsumsi buah, sayur dan minum air dalam porsi yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Lebih jauh ia mengungkap bahwa gerakan ini membutuhkan dukungan dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat. “Mari kita tanamkan pola hidup sehat mulai dari lingkungan keluarga,” imbuhnya.

Ia berharap, seluruh kader PKK menunjukkan peran konkrit dalam menyukseskan GERMAS dan AMIR. Pada bagian lain, Ny. Tjok Putri Hariyani juga mengapresiasi kiprah Ni Made Kasmiati, seorang Kader PKK Banjar Mandala Sari, Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar yang gencar melakukan edukasi kepada anak-anak usia dini untuk membiasakan minum air.

Sementara itu, Ketua Pokja IV TP PKK Pusat Rachmawati Amarullah menyampaikan apresiasi karena TP PKK Bali telah menunjukkan peran aktif dalam mendukung suksesnya gerakan AMIR. “Bali ini luar biasa karena seluruh kabupaten/kota diikutsertakan,” tandasnya. Rachmawati menginformasikan, Kader PKK yang nantinya ditetapkan sebagai juara akan diundang untuk menghadiri Peringatan Hari Ginjal Sedunia di Jakarta, Maret 2018 mendatang. Dia juga berharap agar AMIR tak berhenti pada sebatas kegiatan gebyar namun secara berkesinambungan diikuti oleh kegiatan-kegiatan yang konkrit.

Pada kegiatan evaluasi dan monitoring tersebut, Tim TP PKK Pusat melakukan penilaian terhadap pola yang diterapkan Ni Made Kasmiati dalam meningkatkan kemauan anak untuk minum air.(amobali)