Ubud Tetap Ramai, Rata-Rata Wisatawan Mengaku Tidak Terlalu Khawatir dengan Isu Erupsi Gunung Agung

28

Gianyar (Mediapelangi.com)- Adanya sebagian pihak yang khawatir akan terjadinya penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Bali terkait isu erupsi Gunung Agung nampaknya tidak terbukti. Data menunjukan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik ke Bali tetap ramai.

Hal itu berarti langkah-langkah sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun seluruh komponen pariwisata Bali cukup efektif meluruskan kesimpang siuran informasi terkait erupsi Gunung Agung.

Walau Gunung Agung masih berstatus awas dan sudah mengeluarkan asap, secara umum jumlah kunjangan wisatawan ke Bali kini masih tetap ramai.  Seperti terlihat di wilayah Ubud Gianyar pada Minggu (8/10/2017), wisatawan yang datang tetap asik jalan-jalan dan photo-photo di sekitar pasar, toko seni dan areal Puri Ubud.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Ubud mengaku tidak terlalu khawatir dengan isu erupsi Gunung Agung karena mereka sudah mengetahui bahwa Ubud dan sekitarnya tidak termasuk zone merah atau zone berbahaya. Mereka pun tidak terlalu terpengaruh dengan pemberitaan media yang memberitakan kondisi Gunung Agung ada dalam keadaan kritis dan masih berstatus awas.

Sarah wisatawan asal Amerika, saat ditemui di wilayah Ubud mengaku tetap tertarik datang ke Bali walau sudah diinformasikan tentang situasi Gunung Agung saat ini. “Walau infonya begitu, disini (Ubud-Red) saya masih bisa melihat kebudayaan yang berbeda dengan negara saya Amerika, semua ada disini”, ucapnya.

Begitu juga Namansang, wisatawan asal Medan ini tetap memilih jalan-jalan ke Bali, hanya saja membatasi untuk melakukan kunjungan ke wilayah Karangasem. “Saya tetap datang ke Bali karena sudah tahu daerah mana saja yang termasuk zone merah. Ubud tetap kami kunjungi karena berada di zone aman”, terangnya (*/mp).