Uji Petik Kendaraan Nihil Hasil

33

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Tim gabungan dari Polres Tabanan, Jasa Raharja Cabang Bali dan Dinas Perhubungan Tabanan menggelar uji petik kendaraan secara mendadak di daerah tujuan wisata (DTW) Tanah Lot Desa Beraban, Kediri, Tabanan, Selasa (12/06/2018).

Dalam uji petik kendaraan menyasar angkutan pariwisata dan angkutan umum lainnya yang memasuki Tanah Lot tersebut, petugas tidak menemukan pelanggaran alias nihil hasil.

Kabag Ops Jasa Raharja Triadi mengatakan, kegiatan ini resmi dari pihak Jasa Raharja Cabang Bali dan sifatnya tindakan preventif. Dimana angkutan pariwisata dan angkutan umum lainnya yang diperiksa, sebagian besar sudah melengkapi surat-surat kendaraannya. Baik yang mencakup penumpang, perlindungan asuransi jasa raharja dan telah membayar premi.

“Dari hasil pemeriksaan uji petik yang kami lakukan. Rata-rata 90 persen sudah memenuhi syarat dengan melengkapi surat kendaraan dan pemilik kendaraan sudah melengkapi surat-suratnya,” jelas Triadi.

Dia menambahkan dari petugas jasa raharja memeriksa kendaraan terkait dengan presmi dan polis asuransi jasa raharja. Sedangkan dari pihak kepolisian memeriksa surat-surat kendaraan berupa SIM dan STNK.

“Sejauh ini, secara umum semua melengkapi dan telah membayar premi. Dan tidak ada ditemukan kendaraan yang belum membayar premi asuransi,” ujarnya.

Lebih lanjut mengatakan, uji petik kendaraan tidak hanya menyasar DTW Tanah Lot saja. Tetapi juga akan menyasar tempat lainnya yang ada di Kabupaten Tabanan. Namun pihaknya tidak bisa langsung melaksanakan secara sekaligus kesemua wilayah.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Tabanan AKP Ida Ayu Made Kalpika Sari mengatakan, pihaknya hanya membantu Jasa Raharja untuk pemeriksaan surat-surat kendaraan.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan himbauan kepada para pengemudi kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua untuk selalu mengutamakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas.

“Kegiatan ini rangkaian dari Operasi Ketupat Agung 2018 di wilayah hukum Polres Tabanan,” tandas perwira kelahiran Klungkung ini. (ka)