Ulun Danu Beratan Art Festival Tahun Depan Dibantu Rp1 Miliar

76

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana berjanji, tahun depan akan meningkatkan bantuan kepada Ulun Danu Beratan Art Festival dua kali lipat, yakni senilai Rp 1 miliar. “Untuk festival Ulun Danu Beratan tahun 2019, kita akan bantu dana dari pusat sebesar Rp 1 miliar,” katanya setelah membuka Ulun Danu Beratan Art Festival ke IV tahun 2018, Minggu (24/06/2018).

Pihaknya juga sangat mengapresiasi festival Ulun Danu Beratan ke IV ini. Pasalnya, festival ini memiliki kelebihan dan nilai positif dibandingkan festival lainnya. Yakni melibatkan seluruh masyarakat. “Jadi kalau orang ingin belajar pemberdayaan masyarakat dalam membangun pariwisata, datang ke sini (Ulun Danu Beratan, red),” ujarnya.

Sementara Bupati Tabanan Eka Wiryastuti berharap, melalui festival ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya ke DTW Ulun Danu Beratan. “Kedepan mudah-mudahan festival ini lebih baik lagi, lebih sempurna lagi dan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan,” kata Bupati Eka.

Lebih lanjut mengatakan, tahun 2017 lalu kunjungan wisatawan ke Ulun Danu Batur mencapai 943.000 wisman. Dan dengan festival ini, ujarnya, target kunjungan meningkat hingga mencapai lebih dari 1 juta wisman. “Tanah Lot aja bisa 3.5 juta (kunjungan wisatawan, red), kenapa disini tidak bisa,” ungkapnya.

Sementara Manager DTW Ulun Danu yang sekaligus Ketua Panitia Ulun Danu Beratan Art Festival ke IV tahun 2018 I Wayan Mustika mengatakan, terlaksananya festival ini mendapatkan dukungan dana dari Kementerian Pariwisata, Pemkab Tabanan, DTW Ulun Danu Beratan, Gebog Pesatak Ulun Danu Beratan, dan Pengempon Pura Ulun Danu Beratan, serta seluruh masyarakat. “Festival ini berlangsung dari 13 Juni yang dimulai dengan pra pembukaan, hingga 1 Juli 2018. Dan puncaknya dilaksanakan semalam tiga hari, yakni pada 24-26 Juli 2018,” pungkasnya.

Pembukaan festival ini ditandai dengan penombakan tiga kendi yang berisi ikan dan juga pelepasan burung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, dan Bupati Tabanan, Ketua DPRD Bali, serta tamu undangan lainnya. (mp)