Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75

19
Upacara penurunan bendera merah putih serangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020 dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Bali, Jalan Basuki Rahmat Nomor 1 Niti Mandala Denpasar, Senin (17/8/2020) sore

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Upacara penurunan bendera merah putih serangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020 dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Bali, Jalan Basuki Rahmat Nomor 1 Niti Mandala Denpasar, Senin (17/8/2020) sore.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) bertindak selaku inspektur pada upacara peringatan yang berlangsung di tengah situasi prihatin akibat dampak pandemi Covid-19. Meski dilaksanakan secara sederhana dengan jumlah peserta terbatas, upacara penurunan bendera berlangsung khidmat. Upacara diikuti jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra beserta Kepala OPD Pemprov Bali dan unsur TNI/Polri.

Baca Juga:  Update Covid-19 Bali: Bertambah 63 Pasien Positif, Sembuh 92 Orang

Dalam upacara tersebut, Kasat PJR Ditlantas Pokda Bali AKBP. Leo Dedy Defretes bertindak selaku komandan upacara, sementara prosesi penurunan bendera dilaksanakan oleh tiga anggota Paskibraka Bali Tahun 2020 yaitu I Putu Mahardita, I Gede Randy Adi Putra dan Putu Trisna Swandewi. Mengikuti kebijakan yang berlaku secara nasional, tahun ini Paskibraka tidak berjumlah lengkap sesuai formasi angka hari kemerdekaan. Pengibaran dan penurunan bendera hanya dilaksanakan oleh tiga orang petugas.

Saat sesi foto dengan anggota Paskibraka Bali Tahun 2020, Wagub Cok Ace memberi semangat agar mereka tidak berkecil hati. Kendati upacara tak dilaksanakan dalam suasana meriah dan jumlah pasukan pengibar bendera juga tidak lengkap sebagimana peringatan tahun sebelumnya, namun Cok Ace menilai bahwa yang terpilih adalah putra putri terbaik.

Baca Juga:  Hari Raya Galungan Desa Adat Legian Terapkan Protokol Kesehatan

“Kalian harus bersyukur karena terpilih melaksanakan tugas pada hari yang sangat bersejarah di tengah pandemi. Ini akan menjadi catatan dalam sejarah,” ujar Cok Ace.

Ia berkeyakinan, pemuda dan pemudi yang sempat tergabung dalam pasukan pengibar bendera akan menjadi generasi yang hebat. Pada kesempatan itu, Guru Besar ISI Denpasar ini juga menyampaikan harapan agar Bangsa Indonesia bisa melewati masa-masa prihatin dan pandemi Covid-19 segera berlalu.(*mp/rls)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here