Usai Jalani Karatina di Hotel, 31 PMI Asal Tabanan Dipulangkan

678
Setelah melewati 14 hari masa karantina di hotel, 31 orang Pekerja Migran Indonesi (PMI) asal Kabupaten Tabanan akhirnya diperbolehkan pulang. Minggu (10/5/2020)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Setelah melewati 14 hari masa karantina di hotel, 31 orang Pekerja Migran Indonesi (PMI) asal Kabupaten Tabanan akhirnya diperbolehkan pulang. Minggu (10/5/2020), kepulangan para PMI tersebut di jemput oleh Dinas Perhubungan KabupatenTabanan dari Hotel  sampai dengan Terminal Kediri.

Juru bicara Gugus Tugas Tabanan, I Putu Dian Setiawan, 134 orang PMI yang masih menjalani masa karantina tersebar di lima lokasi hotel.

Dari laporan diempat hotel, PMI laki-laki berjumlah 99 dan peremupan 35 orang seluruhnya dalam kondisi sehat dan tidak ada keluhan apapun.

Sementara itu, dari pemantauan kondisi kesehatan PMI yang melaksanakan karantina di Hotel baik di luar maupun dalam wilayah Tabanan.

Dari jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sudah rapid tes 2 sebanyak 212 orang dengan hasil rapid tes adalah reaktif  4 orang dan non reaktif 208 orang.

Baca Juga:  Ambulans yang Bawa Jenasah Nyemplung ke Jurang

Sedangkan jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sudah di tes PCR sebanyak 3 orang dengan hasil tes PCR adalah confirmasi nihil dan non confirmasi negatif3 orang,”terangnya.

Diterangkan dari tes PCR atau polymerase chain reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel,bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Meskipun demikian, pejabat asal Piling, Penebel ini tetap mengingatkan agar para PMI tetap melakukan isolasi mandiri setelah tiba di rumah masing-masing. Mengingat banyak kasus positif Covid-19 muncul justru setelah melewati 14 hari masa karantina. Dan jika ada gejala kurang sehat agar segera menghubungi satgas desa setempat untuk bisa segera ditindaklanjuti ke Puskesmas terdekat.

Berdasarkan dari data pada Minggu (10/5/2020), jumlah pasien asal Tabanan yang terkonfirmasi positif masih sebanyak 3 orang dimana 1 orang di isolasi di RS PTN Udayana, 1 orang di isolasi di RSU Sanglah, 1 orang di isolasi di RS UPTD Nyitdah

Baca Juga:  Keburu Kabur saat Didatangi Polisi, Bebotoh Malah Tinggalkan Motor di Arena Tajen

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 7 orang dan kini sudah menjalani perawatan di ruang isolasi UPTD RS Nyitdah dan 1 orang di di RS PTN Udayana.

Kini Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 7 orang, saat ini menjalani isolasi di UPTD RS Nyitdah, Orang Dalam Pengawasan (ODP) 3 orang dan 2 Orang Tanpa Gejala (OTG)

Diharapkan, PMI yang sudah kembali ke rumah masing-masing agar mematuhi  instruksi dari pemerintah setempat untuk tetap tinggal dirumah,tetap jaga jarak aman dari orang sekitar, sering cuci tangan dan gunakan desinfektan pada permukaan yang sering tersentuh di rumah, jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut, saat batuk dan bersin, tutupi dengansiku atau tisu.(*mp/ka)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here