Usai Salat Idul Adha, Warga Binaan Rutan Negara Potong 3 Hewan Kurban

165
Suasana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B yang ikut memotong hewan kurban, Minggu (11/8/2019)

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Usai melakukan Salat Idul Adha, puluhan warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Negara, Jembrana, Bali  ikut memotong 3 hewan kurban, Minggu (11/8/2019).

Walau terasa berbeda lantaran tidak ditemani keluarga saat hari raya Idul Adha ini, namun kemeriahan dan kebersamaan dihari raya idul adha ini masih bisa dirasakan oleh puluhan narapidana dan tahanan yang beragama muslim di Rutan Kelas II B Negara, Bali.

Menurut Kepala Rutan Kelas II B Negara Purniawal mengatakan, tiga ekor kambing tersebut adalah sumbangan dari Kakanwil Kemenhumham Bali dan Pemerintah Kabupaten Jembrana,”katanya.

Nantinya hewan tersebut akan dimasak di dapur dan dibagikan ke semua warga binaan di Rutan Negara. “Daging dari hewan kurban ini nantinya akan diolah bersama menjadi berbagai macam masakan seperti gule,sate,dan lain sebagainya kemudian masakan tersebut nantinya akan dinikmati bersama semua tahanan dan narapidana serta petugas jaga di Rutan Kelas II B Negara,”jelas Purniawal.

Saat ini jumlah narapidana dan tahanan di Rutan Kelas II B Negara sebanyak 130 orang. Dari jumlah tersebut 55 orang diantaranya beragama muslim dan sisanya non muslim.

Diharapkan dengan melaksanakan kegiatan ini, para narapidana dan tahanan di Rutan Kelas II B Negara terutama yang beragama muslim tidak kecewa dan masih bisa merayakan hari raya Idul Adha bersama di Rutan Negara. Serta mampu meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan para napi dan tahanan kepada agamanya.(ka-ak)