Vaksinasi Cegah Penyebaran Penyakit Ternak Sapi

187
Petugas Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana Memeriksa Hewan Ternak Sapi.

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Selasa (21/1/2020) melaksanakan pelayanan kesehatan hewan terutama sapi Bali di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana Bali.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan produktifitas sapi Bali dan mencegah penyebaran penyakit yang menyerang sapi.

Petugas Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana Bali, memberikan pelayanan kesehatan hewan gratis kepada ratusan warga Banjar Kembang Sari, Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, berdatangan membawa ternak mereka untuk mendapatkan pemeriksaan gratis.

Baca Juga:  Momen Galungan, Kapolsek Marga Berbagi Bingkisan Daging Kepada Anggota

Pelayanan kesehatan hewan yang dilakukan meliputi pelayanan kesehatan reproduksi seperti pemeriksaan kebuntingan dan gangguan reproduksi, serta pelayanan kesehatan umum meliputi pemberian obat anti cacing kepada anakan sapi Bali, vaksinasi, penyemprotan lalat pada tubuh sapi dan pengobatan sapi yang sakit.

“Ini sebagai langkah pencegahan, karena sapi dengan gelaja-gejala adanya penyakit menular yang kerap menyerang sapi Bali,”kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, I Wayan Widarsa.

Menurut Widarsa petugas memeriksa lebih dari 117 sapi Bali. “Pelayanan kesehatan hewan yang dilakukan meliputi pemberian vitamin dan kalsium bagi ternak bunting sebanyak 168 ekor sapi, pemberian vaksin untuk anakan dan calon induk untuk mengurangi atau mencegah penyakit menular sebanyak 31 ekor, serta pemberian obat pembasmi cacing pada anakan sapi bali sebanyak 48 ekor,”ujar Widarsa.

Baca Juga:  Gubernur Koster Terbitkan Pergub Wadahi Pangkalan Taksi Konvensional

Pemeriksaan kesehatan hewan ini akan terus berlanjut ke empat kecamatan lain di Kabupaten Jembrana, sehingga kedepan diharapkan kwalitas dan kwantitas sapi Bali bisa meningkat,”pungkasnya. (mp/ka-ak)