Wabup Sanjaya Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Bukit Tumpeng

29

Tabanan,mediapelangi.com-Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya Senin (18/09) menghadiri Karya Agung Caru Balik Sumpah Pedudusan Agung Menawa Ratna, Melaspas Ngenteg Linggih,  Ngusaba Desa lan Ngusaba Nini di Kahyangan Puseh lan Desa, Desa Pakraman Bukit Tumpeng Desa Lalang Linggah,Kabupaten Tabanan.

Turut hadir dalam acara tersebut anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Made Ekadana, I Putu Gede Juliasrawan, dan Camat Selemadeg Barat  I Gede Ketut Suyana Putra.

Ketua Panitia Karya I Putu Suarta mengatakan karena telah rampungnya pembangunan di Pura Puseh dan Desa, maka di Tahun 2017 dilaksanakan Karya Agung Caru Balik Sumpah Pedudusan Agung Menawa Ratna, Melaspas Ngenteg Linggih,  Ngusaba Desa lan Ngusaba Nini.  “ di pura ini ada pemugaran total bangunan pelinggih, dimana pelaksanaannya kami lakukan secara bertahap, dan rampung tahun 2017, dan karyanyapun dilakukan tahun ini, yang puncaknya jatuh  pada buda pon tolu 20 september nanti ,”jelasnya .

Suarta melanjutkan, dengan pengempon pura yang berjumlah 81 KK, persiapan pelaksanaan karya telah dilakukan dari 4 bulan lalu,dengan perkiraan dana yang dihabiskan sekitar  1 milyar rupiah.” Menurut perkiraan kami, dana yang dihabiskan sekitar 1 milyar rupiah,”ungkapnya.

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa menghadiri karya ngenteg linggih di pura puseh lan desa desa pakraman Bukit Tumpeng tersebut. Dan dirinya juga  memberikan apresiasi kepada prajuru karena telah mampu membangun spirit dan membangkitkan  semangat gotong royong sehingga tumbuh rasa tulus iklhlas dalam  melaksanakan karya karya Ngenteg Linggih tersebut. “ Apresiasi kepada prajuru, krama desa, karena dalam pelaksanaan karya ini, telah didasari semangat gotong royong, dan rasa tulus iklas,”ujarnya.

Wabup Sanjaya menambahkan karya Ngenteg Linggih di Desa Pakraman Bukit Tumpeng, dipuput oleh Sulinggih, pelaksanaannya didasari oleh semangat gotong royong krama, dan terakhir disaksikan oleh pemerintah.”Dengan tiga elemen yaitu sulinggih, masyarakat, dan pemerintah yang menyaksikan karya, niki sampun mewasta karya sadwika utaming utama. Ini adalah bagian dari pembangunan Tabanan dalam rangka mewujudkan Tabanan Serasi, ”kata Wabup Sanjaya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Sanjaya juga menghaturkan punia yang diterima oleh ketua panitia dan acara diakhiri dengan melakukan persembahyang bersama.@hmstbn(*mp).