Wabup Sanjaya Hadiri Ngaben Massal di Desa Belalang Kediri

50
Wabup Sanjaya Hadiri Ngaben Massal di Desa Belalang Kediri

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri upacara ngaben massal di Wantilan Desa Pakraman Kedungmundu, Desa Belalang, Kediri, Tabanan Senin (6/8/2018).

Dalam kesempatan tersebut Wabup Sanjaya memberikan apresiasi kepada masyarakat atas penyelenggaraan upacara yang digelar setiap 5 tahun sekali di Desa tersebut. Dikatakannya, ini merupakan bentuk solidaritas, kebersamaan dan persatuan kesatuan di dalam masyarakat serta dapat meringankan beban masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPR RI I Made Urip, Anggota DPRD Tabanan I Made Edi Wirawan, Made Suarta dan Camat Kediri I Made Murdika.

“Saya memberikan apreasiasi kepada saudara-saudara disini. Kehidupan masyarakat Bali saat ini sangat kompleks, maka kegiatan ini akan sangat membantu meringankan beban. Tetap jaga solidaritas, kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Wabup Sanjaya mengatakan ngaben massal ini sangat bagus, karena merupakan suatu terobosan melawan pengabenan massal yang terdahulu menjadi perdebatan. Ngaben massal ini tidak mengurangi makna dari upacara.  Hakekat pengabenan utamanya adalah rasa tulus ikhlas. Ngaben massal ini juga perlu disosialisasikan dan disampaikan kepada masyarakat.

“Yang terpenting adalah rasa tulus ikhlas. Bukan berapa biaya yang dihabiskan ataupun berapa banyak banten yang ada.  Tujuan yadnya adalah baik. Maka harus dilakukan sungguh-sungguh, saya yakin ini akan berjalan dengan baik.” ungkapnya.

Sementara itu, panitia acara Banuarta melaporkan ngaben massal diikuti oleh  53 sawa gede dan 42 ngelungah. Sementara tanggal 24 Agustus nanti akan dilanjutkan dengan memungkur. Untuk biaya yang dihabiskan dalam ngaben massal ini berjumlah 400 juta rupiah.

“Upacara ini mengabiskan biaya sebesar 400 juta rupiah yang didapatkan dari iuran 540 krama desa,  subsidi desa adat serta dari pihak lainnya,” jelasnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wabup Sanjaya serta semua pihak yang hadir, karena telah berkenan menyaksikan upacara tersebut  serta bersedia meringankan beban masyarakat. @HumasTabanan