Wabup Sanjaya Hadiri Ngaben Massal di Desa Pakraman Demung

95
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri upacara Ngaben Massal yang digelar warga Banjar Adat Demung, Desa Pekraman Demung, Kediri,Tabanan, Senin(03/09/2018).

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri upacara Ngaben Massal yang digelar warga Banjar Adat Demung, Desa Pekraman Demung, Kediri,Tabanan, Senin(03/09/2018).

Turut hadir mendampingi anggota DPR RI I Made Urip, dan anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Made Suarta.

Di kesempatan itu, Wakil Bupati Sanjaya menyambut baik dan memberikan apresiasi upacara ngaben masal tersebut,  karena  dalam pelaksanaannya berlandaskan semangat gotong royong, sehingga masyarakat bisa menjalankan kewajiban tanpa harus terbebani dengan biaya tinggi.

“Berlandaskan semangat  gotong-royong, sehingga masyarakat bisa fokus, dengan niat yang tulus dalam menjalankan  prosesi upacara ini,” kata Wakil Bupati Sanjaya.

Ditegaskan kembali, bahwa Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan Visi Tabanan Serasinya telah berkomitmen untuk menjadikan pelestarian adat dan budaya sebagai salah satu program prioritas.

Salah satu penjabarannya adalah dengan mengakomodasi kepentingan dan keperluan masyarakat dalam melaksanakan berbagai upacara adat dan keagamaan.

Sementara itu, Ketua Panitia Ngaben Massal  I Wayan Subrati   menyebutkan bahwa ngaben masal di Desa Pekraman Demung sudah dimulai sekitar 20 tahun lalu. Dan dilaksanakan rutin setiap 5 tahun sekali.

“Ngaben massal kali ini, diikuti 26 sawa, nglungah 6 orang dan 9 orang ngelangkir.Dan masing-masing sawa dikenakan biaya sekitar Rp.6 Juta dan Rp.800.000  untuk yang ngelungah. Untuk puncak upacaranya dilaksanakan Selasa (4/9). Dikesempatan itu, Wakil Bupati Sanjaya juga menyerahkan punia sebesar Rp.5 juta. (rlshmstbn)