Wagub Cok Ace Hadiri Upacara Pengratep Karya Pemelaspas Agung Ida Ratu Gede Desa Undisan Kelod Bangli

126
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) yang didampingi Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta Pengratep Karya Pemelaspas Agung lan Pasupati Padudusan Catur Kumba, Arca Lingga Pelawatan Ida Ratu Gede lan Ratu Nini Desa Adat Undisan Kelod di Pura Penataran Agung Puri Bangli, Selasa (18/12/2018).

BANGLI, MEDIAPELANGI.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) yang didampingi Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri dan melaksanakan persembahyangan bersama para pengempon serangkaian upacara Pengratep Karya Pemelaspas Agung lan Pasupati Padudusan Catur Kumba, Arca Lingga Pelawatan Ida Ratu Gede lan Ratu Nini Desa Adat Undisan Kelod di Pura Penataran Agung Puri Bangli, Selasa (18/12/2018).

Wagub Cok Ace pada kesempatan itu bersama Wabup Sedana Arta mendapat penghormatan melaksanakan pengratep sebelum kedua sesuhunan dipelaspas alit.

Cok Ace dihadapan para pengempon menyampaikan apresiasinya atas kekukuhan krama Desa Undisan Kelod tetap menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang dimiliki secara baik dengan rutin melakukan perbaikan  dan merawat duwe yang disungsung. Hal ini dharapkan dapat memberikan vibrasi yang positif kepada krama penyungsung dan lingkungannya berupa keselamatan, kesejahteraan dan kemakmuran.

Sementara itu, Bendesa Adat Desa Undisan Kelod Wayan Budiarta menjelaskan upacara yang digelar berupa pengratep dan pemelaspasan alit pada saat itu merupakan rangkaian upacara pemelaspas Agung yang akan digelar pada puncak karya pada tanggal 20 Desember dan langsung disineb sore harinya. Senada dengan Wagub Cok Ace, Ia pun berharap dengan digelarnya upacara tersebut sesuhunan yang baru usai dipugar mapaica kerahajengan lan kerahajengan kepada krama penyungsung.(amb)