Wagub Cok Ace Sambut Baik Peserta Gathering Perusahan Cina Yanlanxi di Bali

167
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di Gathering Perusahaan Asal Cina

BADUNG, MEDIAPELANGI.com – Ditengah isu pasang surut kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali akibat beberapa hal seperti adanya subsidi silang antar perusahaan yang menangani para wisatawan tiongkok, tidak lantas membuat Bali tidak diminati lagi oleh wisatawan asal Cina tersebut, dimana Bali kembali dipercaya sebagai tempat pertemuan atau Gathering Perusahaan Asal Cina yaitu Yanlanxi yang mendatangkan kurang lebih 1.000 anggotanya untuk datang ke Bali, bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Sabtu (24/11/2018).

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam sambutannya menyambut baik acara yang diselenggarakan di Bali tersebut. Ia berharap Pulau Bali dapat memberikan fibrasi positif atas terselenggarakannya acara tersebut dan para peserta dapat menikmati suasana keindahan pulau Bali dengan sejuk.

Lebih lanjut, Wagub Cok Ace menerangkan bahwa data statistik dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali, kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali merajai angka kunjungan wisatwan dari negara lain, seperti Australia, India dan negara-negara Eropa. Kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali sejak tahun 2013 sampai 2017 mengalami peningkatan, bahkan pertumbuhan angka kunjungan dari periode Janiari-September 2016 menuju Januari-September 2017 mengalami peningkatan 58,94%, namun sangat disayangkan dalam periode Janiari – September 2018 memgalami penurunan sebesar 7.4%. Penurunan tersebut merupakan dampak dari beberapa fenomena seperti erupsi Gunung Agung serta fenomena subsidi silang tersebut. Ia mengatakan bahwa berdasarkan data kunjungan wisatawan tersebut, beberapa diantaranya adalah wisatawan Tiongkok yang datang dengan biaya dan fasilitas yang sangat murah dan akibatnya terjadi praktik-praktik yang memberikan dampak negatif dilapangan, baik dari sisi citra Pulau Bali maupaun citra tiongkok sendiri. Untuk itu saat ini Pemerintah Daerah sedang menjalin kerjasama dengan Pemerintah Tiongkok yang ada di Bali untuk menertibkan hal tersebut, sehingga tidak ada lagi yang dirugikan akibat fenomena subsidi silang tersebut.

Menutup sambutannya, Wagub Cok Ace berharap dengan para peserta melakukan gathering di Bali dapat menikmati indahnya alam dan budaya yang ada di Bali dan nantinya dipromosikan ke sanak saudara dan para kerabat yang ada di Tiongkok sehingga semakin banyak warga Tiongkok yang datang dan mengenal Bali lebih dalam.

Acara Gathering yang  di hadiiri oleh CEO Yanlanxi Mr. Liu Hai Long, juga dilakukan penyerehan sertifikat dan hadiah bagi para anggotanya yang melakukan penjualan produk kosmetik Yanlanxi di negaranya.(amb)