Wagub Tjok Ace Apresiasi Penggalangan Dana Swadaya Untuk Membangun Fisik Desa

48
Foto: Acara Gebyar Pengundian Kupon Punia Berhadiah Pembangunan Pura Ulun Banjar, di Br. Adat Pangkung Tibah, Kecamatan Kediri, Tabanan (23/3/2019).

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pembangunan memiliki peran penting bagi keberlangsungan sebuah wilayah khususnya bagi masyarakat. Dalam mengupayakan kesuksesan pembangunan daerah, termasuk salah satunya adalah mendapatkan dukungan penuh dari semua lapisan masyarakat, baik itu pemerintah, instansi terkait bahkan dari penduduk setempat. Hal ini disampaikan  Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat membacakan sambutan serangkaian acara Gebyar Pengundian Kupon Punia Berhadiah pembangunan Pura Ulun Banjar, di Br. Adat Pangkung Tibah, Kecamatan Kediri, Tabanan (23/3/2019).

Apapun yang ditujukan yang berkepentingan untuk membangun daerah apalagi lingkungan tempat tinggal kita, maka harus mendapat dukungan dari seluruh komponen. Seperti yang saat ini sudah dilakukan oleh masyarakat desa Pangkung Tibah, Kediri-Tabanan, yang membangun Balai Banjar dan Balai Gong lengkap dengan Pelinggih Padmasana dan puranya.

Tidak hanya dengan mengajukan proposal kepada pemerintah terkait, namun masyarakat setempat sudah mengumpulkan dana secara swadaya, yang nantinya dimanfaatkan untuk membangun dan merampungkan bangunan ini. “Mendapatkan pembiayaan yang cukup dari pemerintah dan instansi terkait tentu bagus dan membantu sebuah perbaikan bangunan secara fisik, namun mendapatkan dan mengumpulkan dana dari masyarakat setempat secara swadaya, tentu merupakan hal yang lebih mulia, karena masyarakat setempat akan merasakan hal yang sangat bernilai karena merupakan hasil keringat sendiri yang mampu disumbangkan untuk kepentingan bersama,”Imbuh Cok Ace.

Sementara itu, Kepala Desa Pangkung Tibah, Ketut Nandera mengatakan bahwa pembangunan yang direncanakan sejak setahun lalu, akibat dari keretakan bangunan balai Banjar lantaran gempa. Sehingga untuk membangun balai banjar dan balai gong ini disepakati dengan mengumpulkan dana dari berbagai cara, termasuk dengan mengumpulkan dana secara swadaya masyarakat, yang akhirnya terkumpul sebesar Rp 400 juta rupiah, dan bahkan mendapat bantuan dari BKK kabupaten Badung.
Sebagai apresiasi atas terkumpulnya dana dan partisipasi masyarakat, di inisiatifkanlah pemberian kupon berhadiah yang di undi sabtu ini.

Wagub Cok Ace berkesempatan untuk melakukan pengundian pertama kali, dan berharap kegiatan seperti ini dapat memotivasi masyarakat lain dalam melakukan pembenahan terhadap wilayah dan lingkungan tempat tinggalnya. (mp)