Warga Mundeh Kangin Temukan Sarkofagus

245
Warga Desa Mundeh Kangin, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, menemukan batu Sarkofagus (tempat menyimpan jenazah)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Warga Banjar Pakuaji, Mundeh Kangin, Selemadeg Barat menemukan benda purbakala sarkofagus atau yang lebih dikenal dengan lesung peti mati batu, di penyengker pura Puskemas Mundeh Kangin.

Kelian Dinas Pakuaji, Made Puja Astwa mengatakan, benda purbakala tersebut ditemukan warga banjar melakukan pembokaran untuk membuat saluran air dengan alat berat bego.

Saat dibongkar Kamis (12/07/2018) sekitar pukul 14.00 wita, akhirnya ditemukan benda purbakal berupa sarkofagus tersebut.

“Sebenarnya warga tidak menghiraukan benda tersebut dikira bebatuan biasa,” tuturnya, Jumat (13/07/2018).

Salah warganya atas nama I Wayan Eka spontan menyuruh untuk melakukan penggalian tanah lebih dalam.

“Katanya dia mimpi di seputaran Pustu tepat diujung penyengker pura ada benda sakral yang harus segera digali dan diangkat diangkat,” ujarnya.

Warga heran dengan penemuan tersebut. Jika dilihat dari bentuk seperti peti mati kuno terdiri dari dua bagian wadah dan penutup.

Akan tetapi bagian penutup sebagian rusak karena terkena bego. Selain itu juga ditemukan batu  berwarna merah dan hijau muda.

Penemuan benda tersebut pun telah dilaporkan. “Kami harap segera datang untuk meneliti benda ini. Agar tidak ada persepsi berbeda dari masyarakat yang menganggap benda ini sakral,” jelasnya. (mp)