Warga Selat Peken Temukan Sarkofagus Berisi Serpihan Tulang

255
Penemu Sarkofagus I Nengah Lodra

BANGLI, MEDIAPELANGI.com – Sebuah benda purbakala berupa peti jenazah dari batu atau sarkofagus ditemukan di areal persawahan Subak Dugul, Dusun Selat Peken, Desa Selat Susut, Bangli.

Benda purbakala yang diperkirakan telah berusia ratusan tahun itu ditemukan I Nengah Lodra saat membersihkan pematang sawah miliknya.

Lodra menuturkan, saat mau membersihkan rumput dengan cangkul di pematang sawah pada Sabtu (11/08/2018) sore sekitar pk.17.30 Wita. Ketika itu dia mengaku kaget saat mencangkul bagian dasar pematang melihat ada benda aneh. Cangkulnya menyentuh benda keras. Setelah digali lebih dalam ternyata benda keras itu berupa batu paras yang menyerupai peti mati,”katanya Selasa (14/8/2018).

Bersama sejumlah warga lainnya, benda itupun kemudian diangkat dari dalam tanah, batu berukuran 1 meter x 120 cm. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli yang mendengar dari laporan langsung turun ke lokasi penemuan, setelah dibuka, di dalamnya ada palungan (lubang). Di dalam lubang setelah dicek-cek bersama petugas ada serpihan tulang manusia yang sudah remuk bahkan sudah menjadi abu,”jelasnya.

Setelah diangkat sarkofagus tersebut dipagari dan diberikan sesajen.  Lodra menjelaskan setelah datang dari Dinas Pariwisata dan kebudayaan terkait penemuan sarkofagus tersebut rencananya dari Balai Arkeologi akan turun ke lokasi mengecek dan meneliti penemuan benda purbakala tersebut. (ka- nt)