fbpx
PertanianTabanan

Turun Langsung, Wabup Edi Wirawan Tinjau Pertanian Lewat Irigasi Subak Kelepud

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan meninjau langsung pertanian dan pengairan irigasi  di Subak Kelepud, Desa Dalang, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan.

Wabup Edi yang didampingi Dandim, Camat Selemadeg Timur, Kadis Pertanian, anggota BAC, Club Motor V16 serta OPD terkait dan warga setempat, Jumat (3/9/2021).

Dalam peninjauan itu Wabup Edi mengedapankan tentang pengairan irigasi dengan menggunakan pompa hydrant yang bisa dimanfaatkan para petani untuk mengairi ladang pertanian.

Hal ini tentunya selaras dengan identitas kabupaten Tabanan sebagai “Lumbungnya Berasnya Bali”, mengingat hamparan luas pertanian di kawasan Selemadeg, masih menjadi mata pencaharian utama di Desa Dalang, Tabanan.

“Tadi kita meninjau dan turun langsung, melihat pertanian yang ada di Tabanan, khususnya di Selemadeg Timur, bersama Bapak Bupati, kita akan prioritaskan dan galangkan terus bidang pertanian. Dengan melihat langsung situasi pertanian, kita bisa tahu apa saja permasalahan yang ada di Tabanan ini,” kata Wabup Edi saat di temui di lokasi.

Baca Juga:  Bupati Sanjaya Hadiri Ngenteg Linggih di Pura Dalem Lan Prajapati Desa Adat Cepik

Dikatakan Wabup Edi dengan kondisi sawah tadah hujan menurutnya menjadi ciri utama di pertanian di Kecamatan Selemadeg Timur,  kedepanya kita carikan solusi, untuk tanah pertanian jenis tadah hujan, supaya bisa subur meskipun di musim kemarau, salah satu dengan membuat pompa hydrant,” ujarnya.

Lanjut Wabup Edi dari luas lahan pertanian 1000 hektar lebih di Selemadeg Timur adalah sawah tadah hujan. Namun baru sekitar 220 hektar lahan sawah baru bisa teratasi dengan mengangkat titik air untuk mengairi sawah di masing-masing wilayah.

Pemkab Tabanan secara berkelanjutan akan mengupayakan dan merancang pengairan hingga sisa 700 hektar bisa segera teratasi dengan pengadaan pompa hydrant tersebut, termasuk penggunaan air untuk air minum warga,”jelasnya.

Termasuk dalam wilayah dengan sumber air yang melimpah, lebih lanjut, Wabup Edi bersama Pemkab Tabanan akan terus meninjau dan menfasilitasi masyarakat untuk tergerak memberdayakan pertanian, sehingga kedepannya konsep Tabanan sebagai Lumbungnya Bali, tidak hanya sekedar menjadi wacana, dan pertanian di Bali bisa benar-benar membawa manfaat langsung untuk masyarakat.

Wabup Edi juga mengajak Kadis Pertanian untuk kedepannya bisa sama-sama memberikan penyuluhan dan mengedukasi para petani, tentang bagaimana cara memanfaatkan perairan, konsep bertani yang baik, pemupukkan kimia dan organik serta keseimbangan produksi bibit dan pemupukkan.

“Tujuannya, agar Tabanan ini bisa selalu melestarikan pertanian, lalu melestarikan alamnya, dan masyarakat bisa terus kita edukasi khususnya para petani untuk sadar bahwa Bertani merupakan hal luar biasa, sehingga bisa menjadi penguat perekonomian keluarga, desa dan kabupaten Tabanan,”kata Wabup Edi Wirawan.[*]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.